PELAKSANAAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK BATIK 2 SURAKARTA
Main Authors: | Eka, Widea Putri Harinawati, Yayan, Andrian, S.Ag. M.Ed. Mgmt |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1140/1/SKRIPSI%20FULL%20TEKS.pdf http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1140/ |
Daftar Isi:
- Eka Widea Putri Harinawati, 2017, Pelaksanaan Pengembangan Kompetensi Pedagogik GuruPendidikan Agama Isam di SMK Batik 2 Surakarta, Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Yayan Andrian, S.Ag., M.Ed. Mgmt. Kata Kunci: Pengembangan Kompetensi Pedagogik, Guru Pendidikan Agama Islam Setiap guru wajib memenuhi standar kompetensi guru yang berlaku secara nasional. Salah satu kompetensi penting yang harus dimiliki oleh guru adalah kompetensi pedagogik. Apalagi sebagai seorang guru dituntut harus senantiasa meningkatkan kompetensi yang dimilikinya, sehingga perlu adanya dukungan dari sekolah dalam pengembangan kompetensi pedagogik guru, khusus dalam hal ini adalah kompetensi pedagogik guru PAI. Apabila dilihat dari kompetensi yang dimiliki para guru PAI SMK Batik 2 Surakarta sudah berkompeten. Apalagi sebagai seorang guru dituntut harus senantiasa meningkatkan kompetensi yang dimilikinya. Untuk terus mengembangkan komptensi yang dimiliki guru, sekolah telah mengadakan berbagai program untuk mengembangkan kompetensi pedagogik guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pengembangan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di SMK Batik 2 Surakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Setting penelitian dilakukan di SMK Batik 2 Surakarta pada bulan Mei-Agustus 2017. Subjek dalam penelitian ini adalah Waka Kurikulum dan informannya adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpukan bahwa pelaksanaan pengembangan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di SMK Batik 2 Surakarta yaitu melalui program In House Training (IHT), selain itu mengikuti kegiatan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) diataranya MGMP Kota dan MGMP sekolah, mengadakan dan mengikutkan guru dalam diklat ataupun workshop, kemudian dengan pembinaan Internal oleh sekolah melalui rapat rutin, selain itu dengan pemberian tugas internal tambahan selain mengajar, kemudian dengan melanjutkan pendidikan ke universitas, dan dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).