PERAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN MORAL REMAJA DI DUSUN MENDAK BUNTAR MOJOGEDANG KARANGANYAR

Main Authors: Siti, Rahayu, Fauzi, Muharom, M.Ag
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1136/1/SKRIPSI%20FULL%20TEXT.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1136/
Daftar Isi:
  • Siti Rahayu, (113111373), Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Moral Remaja di Dusun Mendak, Buntar, Mojogedang, Karanganyar, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Fauzi Muharom,M.Ag Kata Kunci: Peran Orang Tua, Pendidikan Moral, Remaja Latar belakang penelitian ini adalah sebagian besar orang tua yang ada di dusun ini adalah seorang pekerja keras yang masih memiliki anak di usia remaja yang masih sangat memerlukan bimbingan. Masalah dalam penelitian ini adalah kebanyakan remaja di dusun ini mudah terpengaruh kedalam hal-hal yang negative karena masih kurangnya kesadaran orang tua dalam pendidikan moral anaknya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam memberikan pendidikan moral pada anak-anaknya di tengah-tengah kesibukannya. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif . penelitian dilaksanakan bulan Januari-Juli 2016. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia remaja yang ada di dusun Mendak, sedangkan informannya adalah remaja dan juga tokoh masyarakat. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi.Adapun teknik data dengan model interaktif meliputi empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa orang tua mempunyai beberapa peranan dalam memberikan pendidikan moral itu melalui beberapa metode diantarannya :1. Sebagai pelindung pemelihara keluarga yaitu memperhatikan dan mengawasi serta menyampaikan diri demi kebaikan akhlak anak-anaknya seperti ketika anak berpakaian kurang sopan, bertutur kata kurang baik, 2.keteladanan yaitu dapat memberikan perhatian dan memberi contoh yang baik seperti membiasakan terlebihdahulu membaca doa sebelum melakukan aktivitas, 3. Sebagai fasilitator yaitu dengan memberikan fasilitas yang diperlukan anak agar pendidikan dapat berjalan dengan baik seperti berusaha meluangkan waktunya untuk mengajarinya mengaji di rumah