METODE PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN ANNA’IM AJISOKO DESA MAJENANG KEC. SUKODONO KAB. SRAGEN
Main Authors: | Siti, Maryamah, H., Moh. Mahbub, S.Ag. M.Si. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1129/1/full%20teks.pdf http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1129/ |
Daftar Isi:
- Siti Maryamah, Juni 2017 Metode Pendidikan Karakter Santri di Pondok Pesantren Anna’im Ajisoko Majenang Sukodono Sragen, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : H. Moh. Mahbub, S.Ag., M.Si. Kata Kunci : Metode Pendidikan, Karakter Santri Pesantren Anna’im Ajisoko adalah pesantren yang yang santrinya mayoritas Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah merupakan santri yang memiliki karakter baik dan berpendidikan, tetapi santri sekarang lebih senang berbuat semaunya sendiri. Maka pondok pesantren Anna’im Ajisoko menggunakan beberapa metode dalam proses pendidikan. Seperti halnya yang dilakaukan di Pondok Pesantren Anna’im Ajisoko Majenang Kec. Sukodono Kab. Sragen, Pondok Anna’im Ajisoko Majenang memilih untuk menerapkan metode Pendidikan Karakter sebagai alat untuk meningkatkan kepribadian dan karakter santri menjadi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan metode pendidikan karakter dalam proses pendidikan di Pondok Pesantren Anna’im Ajisoko Majenang Kec Sukodono Kab. Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, penelitian dilakukan di pondok pesantren Anna’im Ajisoko Majenang Sukodono Sragen tahun 2017. Subyek penelitian ini meliputi Pengasuh dan Pengurus Pondok Pesantren Anna’im Ajisoko. Sedangkan Informan penelitian disini , ustad, pengurus dan santri yang bersangkutan. Metode pengumpulan data yang disunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.Tekhnik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Sedangkan analisis datanya menggunakan model interaktif adalah penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode pendidikan karakter santri putri yaitu: a) metode pembiasaan, b) metode Live In, c) metode keteladanan d) metode nasehat, e) metode Reward Punishment. Saat proses berlangsung adafaktor yang menjadi faktor pendukung yaitu mayoritas santri menerima metode yang dirterapkan di Pesantren Ajisoko. Adapun yang menjadi faktor penghambat yaitu masih ada beberapa santri yang belum bisa untuk menerapkan seutuhnya metode yang digunakan oleh pengurus dan pengasuh Pesantren Ajisoko. ABSTRAK Siti Maryamah, Juni 2017 Metode Pendidikan Karakter Santri di Pondok Pesantren Anna’im Ajisoko Majenang Sukodono Sragen, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : H. Moh. Mahbub, S.Ag., M.Si. Kata Kunci : Metode Pendidikan, Karakter Santri Pesantren Anna’im Ajisoko adalah pesantren yang yang santrinya mayoritas Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah merupakan santri yang memiliki karakter baik dan berpendidikan, tetapi santri sekarang lebih senang berbuat semaunya sendiri. Maka pondok pesantren Anna’im Ajisoko menggunakan beberapa metode dalam proses pendidikan. Seperti halnya yang dilakaukan di Pondok Pesantren Anna’im Ajisoko Majenang Kec. Sukodono Kab. Sragen, Pondok Anna’im Ajisoko Majenang memilih untuk menerapkan metode Pendidikan Karakter sebagai alat untuk meningkatkan kepribadian dan karakter santri menjadi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan metode pendidikan karakter dalam proses pendidikan di Pondok Pesantren Anna’im Ajisoko Majenang Kec Sukodono Kab. Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, penelitian dilakukan di pondok pesantren Anna’im Ajisoko Majenang Sukodono Sragen tahun 2017. Subyek penelitian ini meliputi Pengasuh dan Pengurus Pondok Pesantren Anna’im Ajisoko. Sedangkan Informan penelitian disini , ustad, pengurus dan santri yang bersangkutan. Metode pengumpulan data yang disunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.Tekhnik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Sedangkan analisis datanya menggunakan model interaktif adalah penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode pendidikan karakter santri putri yaitu: a) metode pembiasaan, b) metode Live In, c) metode keteladanan d) metode nasehat, e) metode Reward Punishment. Saat proses berlangsung adafaktor yang menjadi faktor pendukung yaitu mayoritas santri menerima metode yang dirterapkan di Pesantren Ajisoko. Adapun yang menjadi faktor penghambat yaitu masih ada beberapa santri yang belum bisa untuk menerapkan seutuhnya metode yang digunakan oleh pengurus dan pengasuh Pesantren Ajisoko.