UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI TROSEMI 02 KEC GATAK KAB SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Authors: | JOKO, WALUYO, Dra., Hj.Noor Alwiyah, M.Pd. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1126/1/SKRIPSI%20FULL.pdf http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1126/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Joko Waluyo, 2017, ”Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas V di SD Negeri Trosemi 02 Tahun Pelajaran 2016/2017”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Dra. Hj. Noor Alwiyah Kata Kunci: Hasil Belajar, Role Playing Terkait dengan mutu Pendidikan Agama Islam pada tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD) yang sampai saat ini masih jauh dari harapan. Pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang selama ini berlangsung masih bersifat monoton, dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Metode yang digunakan masih bersifat pasif dan kurang dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Ketidak berhasilan pembelajaran ini dibuktikan dari hasil ulangan tengah semester gasal dari sebanyak 23 siswa, siswa yang belum memenuhi KKM (<75) adalah sebanyak 13 siswa atau 56 %, sedangkan yang sudah memenuhi KKM (>75) adalah sebanyak 10 siswa atau 44 %. Dan rata-rata nilai kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam 72. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih belum optimal dan dibawah Kriteria Ketentuan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan metode Role Playing pada siswa kelas V di SD Negeri Trosemi 02 Tahun Pelajaran 2016/2017 Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V di SD Negeri Trosemi 02 Tahun Pelajaran 2016/2017, pada bulan November 2016 sampai bulan Juli 2017. Subyek yang melakukan tindakan adalah guru Pendidikan Agama Islam dan Subyek yang dikenai tindakan adalah Siswa kelas V SD Negeri Trosemi 02. Pengumpulan data menggunakan teknik Dokumentasi, Observasi dan Tes. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah 70% siswa kelas V mendapat nilai diatas KKM yaitu 75 dan nilai rata-rata naik menjadi 81. Penelitian ini dilakukan dengan 2 tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis interaktif yang langkah-langkahnya sebagai berikut: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Penggunaan metode Role Playing dapat meningkatkan Hasil Belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V di SD Negeri Trosemi 02 tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini terlihat dari 23 siswa pada saat sebelum menggunakan metode Role Playing yang nilainya di atas KKM sebanyak 10 siswa atau 44%, namun setelah menggunakan metode Role Playing pada siklus I jumlah siswa yang nilainya di atas KKM sebanyak 14 siswa atau 61%, dan pada siklus II siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 19 siswa atau 83%. Kenaikan Hasil belajar tersebut juga dapat meningkatkan nilai rata-rata kelas. Nilai rata-rata kelas meningkat dari sebelum menggunakan metode Role Playing sebesar 72 pada siklus I menjadi 73 dan pada siklus II menjadi 81.