PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA MELALUI PROGRAM KETERAMPILAN VOKASIONAL DI SLB-B YPALB KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Authors: ISMAIL, SALEH, Hj., Hafidah, S.Ag., M.Ag
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1121/1/full%20text.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1121/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ismail Saleh (123111204), Peningkatan Kompetensi Siswa melalui Program Keterampilan Vokasional di SLB-B YPALB Karanganyar Tahun Ajaran 2016- 2017 . Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Agustus, 2017. Pembimbing : Hj. Hafidah, S.Ag., M.Ag Kata Kunci: Kompetensi, Keterampilan dan Vokasional Masalah dalam penelitian ini adalah pada umumnya siswa-siswi di SLB kurang memiliki keterampilan yang baik, akan tetapi siswa-siswi di SLB-B YPALB Karanganyar memiliki prestasi yang baik dalam hal akademik dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peningkatan kompetensi psikomotorik siswa melalui program keterampilan vokasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tempat penelitian dilakukan di SLB-B YPALB Karanganyar, pada bulan Januari sampai bulan Juli 2017. Subjek penelitian adalah guru Keterampilan SLB-B YPALB Karanganyar, sedangkan yang menjadi informan adalah kepala sekolah,dan wali kelas. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menghasilkan keabsahan data yang akurat digunakan metode triangulasi sumber. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program keterampilan vokasional merupakan program khusus yang diberikan kepada siswa untuk meningkatkan bakat dan kreatifitas yang ada pada siswa. Kegiatan tersebut di antaranya, membatik, menjahit, membuat onde-onde, membuat seserahan nikahan. Dalam pelaksanaan kegiatan keterampilan vokasional dilakukan secara bertahap, siswa diberikan pengalaman untuk melatih bakat yang ada, dengan cara mmberikan pelatihan-pelatihan serta memberikan pengawasan dalam proses pengembangan diri pada setiap siswa dari pelaksanaan program keterampilan vokasional. Sehingga dari kegiatan yang diberikan siswa oleh para guru dapat meningkatkan kompetensi di ranah psikomotorik.