UPAYA PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN BAGI GURU DI MAN 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Authors: Hani, Nurjanah, Dr., Fauzi Muharom, M. Ag.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1116/1/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1116/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hani Nurjanah, (133111312), Upaya Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bagi Guru di MAN 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Dr. Fauzi Muharom, M.Ag Kata Kunci : Upaya Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah, Karya Inovatif Guru sebagai tenaga profesional agar profesionalitas guru tersebut selalu meningkat, maka guru seharusnya mengadakan refleksi terhadap kinerja sendiri secara terus menerus dan memanfaatkan hasil refleksi untuk meningkatkan keprofesiannya. sementara bagi guru-guru yang telah mencapai standar kompetensi, kegiatan PKB-nya diarahkan kepada peningkatan keprofesian agar dapat memenuhi tuntutan ke depan dalam pelaksanaan tugas dan kewajibannya dalam rangka memberikan layanan pembelajaran yang berkualitas kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi guru di MAN 1 Surakarta serta untuk mengetahui hambatan apa saja yang muncul dalam upaya Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi guru di MAN 1 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Surakarta pada bulan Februari 2017 sampai pada bulan juli 2017. Subjek penelitian adalah guru yang meliputi Ibu Siti Muslikhah, Ibu Rukamtini, Ibu Noenoek Andrijanti, Bapak Rusdi Mustapa, sedangkan informan terdiri dari Kepala MAN 1 Surakarta, ketua TU, dan Waka. Pengumpulan data dilakukan dengan, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan metode. Teknik yang digunakan untuk analisa data dalam penelitian ini analis model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan mengenai upaya Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru meliputi 1) Kegiatan Pengembangan Diri yaitu jenis kegiatan seperti seminar, dan diklat fungsional yang meliputi kegiatan penataran, pelatihan; 2) Publikasi Ilmiah yaitu jenis kegiatan yang menghasilkan Penelitian Tindakan Kelas, Artikel, jurnal dan modul; 3) Karya Inovatif yaitu jenis kegiatan untuk memodifikasi alat pembelajaran, seperti membuat media pembelajaran interaktif (MPI). Dari jenis kegiatan tersebut, terdapat pula hambatan dari upaya Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru yaitu guru tidak berperan aktif dalam mengikuti kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dana berasal dari diri sendiri, tidak membuat laporan tepat waktu. ABSTRACT Hani Nurjanah,(133111312), Sustainable Teacher Development Efforts for Teachers at MAN 1 Surakarta Academic Year 2016/2017, Thesis: Islamic Religious Studies, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Surakarta. Advisor: Dr. FauziMuharom, M.Ag AnahtarKelimeler: Efforts to develop sustainable profession, self-development, scientific publication, innovative work Teachers as professionals so that the professionalism of teachers is always increasing, then teachers should reflect on their own performance continuously and use the results of reflection to improve keprofesiannya. While for teachers who have achieved competency standards, their CLA activities are directed to professional enhancement in order to meet the demands of the future in the implementation of their duties and obligations in order to provide quality learning services to learners. This study aims to determine the implementation of Sustainable Teacher Development for teachers in MAN 1 Surakarta and to know what obstacles that arise in the implementation of Sustainable Development of Teacher for teachers in MAN 1 Surakarta. The research method used in this research is descriptive qualitative method. This research was conducted at MAN 1 Surakarta in February 2017 until July 2017. The subjects of the research were the teachers which included IbuSitiMuslikhah, IbuRukamtini, IbuNoenoekAndrijanti, Mr. RusdiMustapa, while the informant consisted of the Head of MAN 1 Surakarta, the chairman of TU, And Waka. Data collection is done by, interview, and documentation. As for testing the validity of data is done by triangulation of sources and methods. The techniques used for data analysis in this study are interactive model analysts that include data reduction, data presentation, and conclusion or verification. The results of research that has been conducted on the implementation of Sustainable Development of Teacher (PKB) for teachers include 1) Self Development Activities, namely types of activities such as seminars, and functional training which includes upgrading, training; 2) Scientific Publication is the type of activity that produces Class Action Research, Articles, Journals and Modules; 3) Innovative work is a kind of activity to modify learning tools, such as making interactive learning media (MPI). From these types of activities, there are also obstacles from the implementation of Sustainable Culture Development (PKB) for teachers, ie teachers do not play an active role in participating in Sustainable Capacity Development activities, self-generated funds, do not make reports appropriately.