PELAKSANAAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI STUDI KASUS DI SMP MUHAMMADIYAH AL-KAUTSAR PK KARTASURA TAHUN 2017
Main Authors: | Hanafiah, Ihsani, Drs., Aminuddin, M.S.I |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1115/1/FULL%20SKRIPSI.pdf http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1115/ |
Daftar Isi:
- Hanafiah Ihsani, 2017, Pelaksanaan Kompetensi Profesional Guru PAI Studi Kasus di SMP Muhammadiyah Al-Kautsar Program Khusus Kartasura Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Drs. Aminuddin, M. S. I Kata Kunci : Guru PAI, Pelaksanaan Kompetensi Profesional Kompetensi profesional merupakan salah satu kualifikasi guru yang terpenting. Bila kompetensi profesional tidak ada pada diri seorang guru, maka ia tidak akan berkompeten dalam melakukan tugasnya dan hasilnya tidak akan optimal. Seorang guru harus memiliki pengetahuan, menguasai materi, memahami dirinya sendiri serta terampil dalam mengembangkan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kompetensi profesional guru PAI. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Al-Kautsar PK Kartasura. Subyek penelitian ini adalah guru PAI. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis interaktif yakni, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan dari penelitian ini adalah pertama menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu yaitu guru menyampaikan materi dengan sangat relevan, sebelum pembelajaran dimulai guru melakukan pendekatan kepada peserta didik, sebelum melakukan pengajaran guru membuat rancangan persiapan mengajar dan melakukan evaluasi pengajaran, serta diakhir pembelajaran guru mengulang materi yang telah dibahas dan menghubungkan dengan materi yang akan dibahas selanjutnya. Kedua menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu yaitu, guru mengembangkan kurikulum dan rencana pengajaran dengan menyesuaikan karakteristik peserta didik, kondisi sekolah, dan lingkungan. Ketiga mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif yaitu, materi yang disampaikan hanya sedikit namun guru mampu menjabarkan menjadi banyak, berurutan, jelas, kontekstual, dan mudah di mengerti oleh peserta didik. Keempat mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif yaitu, setiap tiga bulan sekali guru mengikuti workshop, diklat, seminar, dan lokakarya untuk mengembangkan keprofesiannya menjadi guru, untuk menambah wawasan di dunia pendidikan dan untuk melakukan pengembangan diri. Kelima memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri yaitu, guru memanfaatkan komputer untuk proses pembelajaran, presentasi, mengumpulkan tugas melalui email, memposting bahan-bahan ajar agar memudahkan siswa mendapatkan materi pembelajaran. ABSTRACT Hanafiah Ihsani, 2017, Implementation of PAI Teacher Professional Competition Case Study at SMP Muhammadiyah Al-Kautsar Special Program Kartasura Lesson 2016/2017, Thesis: Islamic Religious Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Surakarta. Supervisor: Drs. Aminuddin, M. S. I Keywords: PAI Teachers, Professional Competency Implementation Professional competence is one of the most important teacher qualifications. If professional competence does not exist in a teacher, then he will not be competent in doing his job and the results will not be optimal. A teacher must have knowledge, master the material, understand himself and be skilled in developing learning. The purpose of this research is to know the implementation of professional competence of PAI teacher. This research was conducted at SMP Muhammadiyah Al-Kautsar PK Kartasura. The subject of this research is PAI teacher. This research is a qualitative descriptive research. The data collection used is observation, interview, and documentation. Data validity technique used is data triangulation. Analytical technique used is interactive analysis ie, data reduction, data presentation, and conclusion. The findings of this research are the first to master the materials, structure, concepts, and scientific mindset that support the subjects that are taught ie the teachers deliver the material with very relevant, before the learning begins the teacher approaches the learner, before teaching the teacher to make the preparation plan of teaching and Do the evaluation of teaching, and at the end of the teacher's learning to repeat the material that has been discussed and linked with the material to be discussed next. Both master the competency standards and basic competencies of the subjects that are taught, that is, the teachers develop curriculum and teaching plan by adjusting the characteristics of learners, school condition, and environment. Third develop creative learning materials that are creative, that is, the material presented only a little but the teacher can describe to be many, sequential, clear, contextual, and easy to understand by learners. The fourth develops professionalism in a sustainable manner by doing reflective action that is, once every three months teachers attend workshops, training, seminars, and workshops to develop their professionals to be teachers, to add insight in the world of education and to develop themselves. Fifth utilizing information and communication technology to develop themselves that is, teachers use the computer for learning, presentation, collecting tasks via email, post teaching materials to facilitate students get learning materials.