IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BAGI NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN SURAKARTA TAHUN 2017

Main Authors: Febriani, Faridah, Dr., Fauzi Muharom, M. Ag.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1101/1/FULL%20TEXT.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1101/
Daftar Isi:
  • ebriani Faridah, 2017, Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) bagi Narapidana Anak di Lembaga Pemasyarakatan Surakarta Tahun 2017, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Dr. Fauzi Muharom, M. Ag Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Narapidana anak Masalah dalam penelitian ini adalah implementasi pendidikan agama Islam (PAI) bagi Narapidana anak di Lembaga Pemasyarakatan Surakarta Tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman implementasi Pendidikan Agama Islam bagi Narapidana anak serta untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pendidikan Agama Islam di Lembaga Pemasyarakatan Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tempat penelitian dilaksanakan di Rutan Klas 1 Surakarta. Waktu Penelitian Maret 2016 sampai Juli 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek peneliti adalah pendamping narapidana anak, sedangkan informan adalah staf Lapas bidang bantuan hukum dan narapidana anak. Pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan Implementasi pembelajaran pendidikan Agama Islam bagi Narapidana Anak di Lembaga Pemasyarakatan Surakarta dilaksankan sesuai dengan jadwal yang sudah ada dan dipandu oleh orang-orang yang berpengalaman. Menggunakan berbagai metode yang bervariasi meliputi metode ceramah, metode Tanya jawab, metode demontrasi, metode kisah dan metode hafalan. serta menyelipkan kegiatan tambahan disaat bulan ramadhan seperti pesantren kilat, buka bersama, dan sholat tarawih berjamaah. Kemudian faktor pendukung adanya banyak pihak yang bekerja sama dalam memperlancar tujuan pembelajaran di LAPAS Surakarta, namun ada juga yang menjadi penghambat yaitu tidak fokus saat menerima materi, sering bolos saat pembelajaran serta seringnya cerita dengan teman yang ada disampingnya. Namun ada juga yang menjadi pendukung dalam pembelajarannya yaitu adanya kerja sama dengan berbagai pihak dalam memberikan pembelajaran agama Islam bagi setiap narapidana, sarana prasarana yang sudah sangat memadahi dalam kegiatan pembelajarannya. Memberikan bimbingan dan motivasi kepada setiap narapidana anak untuk dapat membiasakan sikap disiplin. Sehingga dengan adanya kedisplinan yang baik dapat mengubah narapidana anak menjadi lebih baik setelah keluar dari Lapas dan dapat berperilaku yang sesuai dengan ajaran Islam.