PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN ISLAMIC ENTREPRENEUR DI BOARDING SCHOOL MAN 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Authors: | Endah, Patmawati, Dr., Fauzi Muharom, M. Ag. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1091/1/SKRIPSI%20FULL.pdf http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1091/ |
Daftar Isi:
- Endah Patmawati (133111038 ), 2017, Pelaksanaan Program Pendidikan Islamic Entrepreneur di Boarding School MAN 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Instirut Agama Islam Negeri Surakarta. Pembimbing : Dr. Fauzi Muharom, M.Ag Kata Kunci : Program, Islamic Entrepereneurship Secara resmi tahun 2015 Indonesia sudah tergabung dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Kondisi ini berimplikasi pada Indonesia dengan dibutuhkannya sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing tinggi dan kompetitif. Pemenuhan sumber daya manusia dapat melalui entreprenurship. Pendidikan entrepreneurship dapat dilakukan di lembaga pendidikan tidak terkecuali madrasah. Melalui madrasah ini program entreprenurship dikembangkan dengan prinsip nilai-nilai Islam atau disebut Isalmic entrepreneurship sehinga entrepreneur yang dikembangkan tidak hanya pada memperkaya diri sendiri namun juga untuk memberdayakan orang lain. Namun situasi lembaga pendidikan di Indonesia saat ini masih belum banyak menaruh perhatian terhadap pendidikan kewirausahaan. Menyadari pentingnya pendidikan kewirausahaan, maka lemabaga pendidikan MAN 2 Surakarta memiliki program Islamic entrepreneur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program pendidikan Islamic entrepreneur di Boarding School MAN 2 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tempat penelitian dilaksanakan di MAN 2 Surakarta mulai bulan Maret 2017-Juli 2017. Subyek penelitian adalah pengampu program Isalmic entrepreneur. Informan penelitian ini kepala sekolah, waka kurikulum, siswa kelas Xi dan siswa lain serta guru-guru lain. Teknik pengunpulan data yang dipakai observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang dipakai triangulasi sumber. Data yang terkumpul dianalisis dengan model interaktif meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa program Islamic entrepreneur MAN 2 Surakarta dilaksanakan melalui ekstra kurikuler. Dilaksanakan dalam beberapa kegiatan yaitu pembelajaran kewirausahaan syariah, keputrian, yang dikembangkan dengan adanya koperasi dan cafeteria serta pekan bakti santri. Program Islamic entrepreneur menunjukkan bahwa kewirausahaan yang ada di MAN 2 Surakarta merealisasikan pendidikan tidak hanya dari segi kognitif ataupun psikomotorik saja namun juga afektif. Program Islamic entrepereneur juga dilaksanakan untuk membangun pribadi siswa sesuai dengan proses kewirausahaan yang terdiri dari mindset, heartset, dan actionset. Proses kewirausahaan yang dari mindset terlihat dari pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan syariah, dan untuk actionset terlihat dari adanya kegiatan keputrian, koperasi dan cafetaria serta pada kegiatan bakti santri, dalam proses heartset terliha dari adanya sifat karakteristik kewirausahaan pada siswa dalam melaksanakan setiap program.