UPAYA GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI INTEGRASI KULTUR KEPESANTRENAN KE DALAM MATA PELAJARAN DI SMP MUHAMMADIYAH BERWAWASAN KHUSUS (BK) GIRIWOYO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Authors: Dwi, Rahayu, Dr., Fauzi Muharom, M. Ag.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1082/1/Skripsi%20Utuh.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1082/
Daftar Isi:
  • Dwi Rahayu, 2017, Upaya Guru PAI dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik Melalui Integrasi Kultur Kepesantrenan ke dalam Mata Pelajaran di SMP Muhammadiyah Berwawasan Khusus (BK) Giriwoyo Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Dr. Fauzi Muharom, M.Ag Kata Kunci: Guru PAI, Karakter, Integrasi Kultur Kepesantrenan, Mata Pelajaran Pendidikan karakter adalah pendidikan yang mengebangkan karakter mulia dari peserta didik dengan mempraktikkan dan mengajarkan nilai-nilai moral. Agar guru mampu menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang memungkinkan mengembangkan karakter pada peserta didiknya, maka diperlukan sosok guru yang mampu berupaya mengembangkan karakter peserta didik di dalam proses pembelajaran sehingga terbentuk nilai-nilai karakter siswa melalui mata pelajaran. SMP Muhammadiyah Berwawasan Khusus Giriwoyo merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mengintegrasikan kultur kepesantrenan ke dalam mata pelajaran dengan nilai-nilai karakter di dalamnya. Berdasarkan uraian tersebut, bertujuan untuk mengetahui Upaya Guru PAI dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik Melalui Integrasi Kultur Kepesantrenan ke dalam Mata Pelajaran di SMP Muhammadiyah Berwawasan Khusus (BK) Giriwoyo Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini dilakukan mulai pada bulan November 2016 sampai dengan Mei 2017 yang berada di SMP Muhammadiyah Berwawasan Khusus (BK) Giriwoyo Wonogiri. Subyek penelitian ialah guru PAI, sedangkan informan penelitian ialah kepala sekolah dan siswa SMP Muhammadiyah Berwawasan Khusus (BK) Giriwoyo. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini digunakan triangulasi. Tahapan selanjutnya analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian tentang Upaya Guru PAI dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik Melalui Integrasi Kultur Kepesantrenan ke dalam Mata Pelajaran di SMP Muhammadiyah Berwawasan Khusus (BK) Giriwoyo Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2016/2017 yaitu: (pertama) aspek perencanaan, guru memasukkan nilai-nilai karakter ke dalam silabus dan RPP. (kedua) aspek proses pembelajaran, guru melakukan dengan 3 kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pada masing-masing kegiatan guru selalu menekankan dengan nilai-nilai karakter. Selain itu guru PAI juga menggunkan beberapa metode seperti simulasi praktik, repeat power, dan metafora. (ketiga) aspek evaluasi pembelajaran dengan memberikan penilaian ketercpaian dengan cara memberikan tes yaitu, tes tertulis, tes lisan, tes portofolio, tes unjuk kerja dan penugasan. Selain dengan tes, guru juga melakukan pengamatan terhadap sikap siswa selama proses pembelajaran maupun di luar pembelajaran.