STUDI KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DI BOARDING SCHOOL PUTRI MAN 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Authors: Amaliyah, Romadon, Dr., Retno Wahyuningsih, S.Si., M.Pd.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1046/1/Full%20Teks.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1046/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Amaliyah Romadon, 2017, Studi Korelasi Antara Persepsi Siswa tentang Pola asuh Orang Tua Dengan Kecerdasan Interpersonal Siswa Di Boarding School Putri MAN 2 Surakarta, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing: Dr. Retno Wahyuningsih, S.Si., M. Pd Kata kunci: Persepsi Pola Asuh Orang Tua, Kecerdasan Interpersonal Masalah dalam penelitian ini adalah adanya kasus bahwa orang tua siswa sudah memberikan pola asuh yang baik tetapi kecerdasan interpersonal siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang pola asuh orang tua di Boarding School Putri MAN 2 Surakarta, Tahun Pelajaran 2016/2017, 2) Untuk mengetahui kecerdasan interpersonal siswa di Boarding School Putri MAN 2 Surakarta tahun Pelajaran 2016/2017, 3) untuk mengetahui korelasi antara persepsi siswa tentang pola asuh orang tua dengan kecerdasan interpersonal siswa di Boarding School Putri MAN 2 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis korelasional dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara persepsi siswa tentang pola asuh orang tua dengan kecerdasan interpersonal siswa di Boarding School Putri MAN 2 Surakarta tahu pelajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket yang diberikan kepada siswa. Dengan mengambil sampel 80 dari 97 siswa. Data yang terkumpul sebelum dianalisis dilakukan uji prasyarat dengan uji normalitas menggunakan rumus uji Liliefors sedangkan untuk mengetahui hipotesis yang digunakan rumus korelasi Spearman Rank. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Persepsi siswa tentang pola asuh orang tua termasuk dalam kategori Demokratis, hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata persepsi siswa tentang pola asuh orang tua yaitu sebesar 70,95 dan standar deviasi 16,5 (2) Kecerdasan Interpersonal siswa termasuk dalam kategori sedang, hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata sebesar 90,44 dan standar deviasi 9,24 (3) Berdasarkan analisis data menggunakan korelasi Spearman Rank diperoleh nilai sebesar 0,5515354 kemudian nilai tersebut dikonsultasikan terlebih dahulu dengan tabel t, dengan derajat kebebasan (dk)= n-2 yaitu dk= 80-2=78, dan taraf signifikasi 5% diketahui bahwa sebesar 5,839502 sedangkan sebesar 2,000. Karena harga > atau 5,839502 > 2,000 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi kesimpulannya semakin demokratis persepsi siswa tentang pola asuh orang tua maka semakin tinggi kecerdasan interpersonal siswa di Boarding School Putri MAN 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. ABSTRACT AmaliyahRomadon, 2017, The Correlation Study between Students’ Perceptions of Parents’ Parenting toward Students’ Interpersonal Intelligence in Female Boarding School of MAN 2 Surakarta, Thesis: Islamic Religious Education Program, Islamic Education and Teacher Training Faculty, IAIN Surakarta. Advisor: Dr. RetnoWahyuningsih, S.Si., M. Pd Keywords: Parents’ Parenting Perception, Interpersonal Intelligence The problem in this research is the existence of case that the students’ parents have given a good parenting but the students’ interpersonal intelligences are still low. The objectives of this study are: 1) To know the students’ perception about parents’ parenting in Female Boarding School MAN 2 Surakarta in academic year 2016/2017. 2) To know the students’ interpersonal intelligence inFemale Boarding School MAN 2 Surakarta in academic year 2016/2017. 3) To know the correlation between students’ perception about parents’ parenting toward students’ interpersonal intelligence in Female Boarding School MAN 2 Surakarta in academic year 2016/2017. This study uses quantitative methods with correlational analysis intended to determine whether there is a relationship between students’ perceptions about parents’ parenting patterns towards students’ interpersonal intelligence in Female Boarding School MAN 2 Surakarta in academic year 2016/2017. In collecting the data the researcher uses questionnaire method given to the students. By taking the samples 80 of 97 students. The collected data before the analysis is done prerequisite test with the normality test using Liliefors test while to know the hypothesis used Spearman Rank correlation. From the analysis result, it can be concluded that: 1) Students’ perceptions about parents’ parenting pattern are included in Democratic category; this is indicated by the mean score of students’ perceptions about parents’ parenting pattern that is 70.95 and standard deviation 16.5. 2) Interpersonal Intelligence students included in the medium category, it is shown with an average value of 90.44 and standard deviation of 9.24. 3) Based on data analysis using Spearman Rank correlation obtained r_s value of 0,5515354 then the value is consulted first With table t, with degrees of freedom (dk) = n-2 iedk = 80-2 = 78, and a significance level of 5% is known that t_count is 5.839502 while t_table is 2,000. Since the price is t_hount>t_tabel or 5,839502> 2,000 then Ha is accepted and Ho is rejected. So in conclusion there is more democratic students’ perceptions of parents’ parenting pattern hence the higher students’ interpersonal intelligence at the Female Boarding School MAN 2 Surakarta in academic year 2016/2017.