MANAJEMEN PEMBELAJARAN BOARDING SCHOOL DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI MTs NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Authors: | Aji, Muslim, Hj., Siti Choiriyah, S.Ag., M.Ag |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1042/1/Full%20Skripsi.pdf http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1042/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Aji Muslim, 2017, Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Qur'an pada Boarding School dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Di MTs Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, IAIN Surakarta. Pembimbing : Hj. Siti Choiriyah, M.Ag Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran Boarding School, Mutu Sekolah Kesuksesan pembelajaran sangat tergantung dalam pengelolaan pembelajaran, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Meskipun dengan adanya keterbatasan jumlah guru yang tersedia, siswa Boarding school di MTs Negeri 1 Surakarta masih mampu untuk mencapai taget yang diinginkan dalam pembelajaran Tahfidzul Qur'an. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Qur'an pada Boarding School dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di Mts Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dilakukan di Boarding School asrama putra Bait Al Hikmah MTs Negeri 1 Surakarta. Penelitian dilakukan pada bulan Januari-Juni 2017. Subjek penelitian yaitu selaku kepala asrama putra. Informan penelitian adalah siswa, guru dan kepala Madrasah di MTs Negeri 1 Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber dan metode. Sedangkan teknik analisis data menggunakan interaktif dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran Tahfidzul Qur'an di boarding school dalam meningkatkan mutu sekolah diawali dengan perencanaan, organisasi, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam perencanaan pembelajaran yaitu dengan cara merumuskan dan menetapakan tujuan program pembelajaran Tahfidzul Qur’an yang hendak dicapai. Menetapkan kurikulum dan materi pembelajaran Tahfidzul Qur’an dan menentuan alokasi waktu jam pelajaran. Pengorganisasian pembelajaran dilakukan pengelolaan guru dengan membentuk khusus koordinator program, seperti menunjuk koordinator program tartil sendiri dan program koordintor program tahfidz sendiri. Pelaksanaan pembelajaran kegiatan guru sebagai manajer di kelas yakni mengajar dan mendidik, guru menggunakan metode yang berbasis pembelajaran PAIKEM, dan guru mengelola kelas yang menunjang proses pembelajaran. Pada bagian pengevaluasian pembelajaran dilakukan dengan menggunakan tes setoran harian, setoran hafalan mid semester, setoran hafalan Semester dan Ujian Akhir tahfidz.