MANAJEMEN PEMBELAJARANKOMPETENSI SOSIALBUSTANUL ATHFAL AISYIYAH KECAMATAN MANISRENGGO KABUPATEN KLATEN TAHUN 2016/2017

Main Authors: Tri, Rahayu, Prof. Dr. H., Usman Abu Bakar, M.A
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1018/1/Merged-20171019-082557.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1018/
Daftar Isi:
  • MANAJEMEN PEMBELAJARAN KOMPATENSI SOSIAL BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH KECAMATAN MANISRENGGO KABUPATEN KLATEN TAHUN 2016/2017 Tri Rahayu ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik manajemen pembelajaran kompetensi social, mendeskripsikan ciri-ciri tata ruang, mendeskripsikan interaksi pembelajaran kompetensi sosial, dan mendeskripsikan evaluasi pembelajaran kompetensi sosial di Bustanul Athfal Aisyiyah Manisrenggo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Strategi yang digunakan adalah strategi ethnografi. Lokasi penelitian berada di Bustanul Athfal Aisyiyah Manisrenggo. Kehadiran peneliti berperan sebagai instrumen penelitian. Sumber data diambil dari informan, arsip dan dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru dan orang tua anak. Tekhnikpenggumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Data-data tersebut dianalisis dengan tekhnik analisis interaktif, di mana prosesnya terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan BustanulAthfalAisyiyahManajemen pembelajaran kompetensi sosial Bustanul Athfal Aisyiyah Manisrenggo tersusun menjadi beberapa tahap antara lain: 1) Manajemen materi pembelajaran dengan menyusun Satuan Kegiatan Harian dan Satuan Kegiatan Mingguan yang disesuaikan dengan kurikulum yang telah ditetapkan. 2) Ciri-ciritata ruang ditata sesuai dengan kurikulum 2013, di mana kelas dibagi menjadi sepuluh area yang terdiri dari area Ketuhanan, area matematika, area pasir dan air, area bahasa, area drama, area seni, area balok, area masak dan area IPA. 3) Interaksi pembelajaran terjadi secara intensif, di mana hubungan antara guru dan anak sangat dekat sehingga guru bisa memahami karakteristik masing-masing anak dan bisa memberikan perlakuan sesuai dengan kemampuan anak. Metode pembelajarannya menyenangkan, sehingga anak-anak tertarik pada pembelajaran. 4) Evaluasi pembelajaran dilakukan untuk mengetahui sampai di mana kemampuan yang telah dicapai anak. Evaluasi dilakukan dengan cara observasi, catatan anekdot dan penugasan.Hasil evaluasi disampaikan kepada orang tua anak secara lisan maupun tertulis dalam bentuk raport. Kata kunci : Manajemen, Pembelajaran, Kompetensi Sosial MANAGEMENTOF LEARNING SOCIAL COMPETENCE BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH DISTRICTS MANISRENGGO KLATEN YEAR 2016/2017 Tri Rahayu Abstract The purpose of this study is to describe the characteristics of social learning competence management, describe the characteristics of spatial planning, describe the interaction of learning social competence, and describe the evaluation of learning social competence in Bustanul Athfal Aisyiyah Manisrenggo. This type of research is qualitative. The strategy used is the ethnography strategy. The study sites are located at Bustanul Athfal Aisyiyah Manisrenggo. The presence of researchers acts as a research instrument. Source of data taken from informants, archives and documents. Informants in this research are principals, teachers and parents of children. Data collection techniques used are in-depth interviews, observation and documentation. These data are analyzed by interactive analysis techniques, where the process consists of data reduction, data presentation and conclusion. The result of the research stated Bustanul Athfal Aisyiyah The learning management of social competence of Bustanul Athfal Aisyiyah Manisrenggo is arranged into several stages, among others: 1) Management of learning materials by arranging Daily Activity Unit and Weekly Activity Unit which is adjusted to the established curriculum. 2) Spatial features are arranged in accordance with the 2013 curriculum, where classes are divided into ten areas consisting of areas of Godhead, mathematical area, sand and water area, language area, drama area, art area, beam area, cooking area and area IPA. 3) Learning interactions occur intensively, where the relationship between teacher and child is so close that the teacher can understand the characteristics of each child and can provide treatment in accordance with the ability of children. Learning method is fun, so children are interested in learning. 4) Evaluation of learning is done to find out where the ability has been achieved child. The evaluation is done by observation, anecdotal notes and assignments. Evaluation results are submitted to the child's parents both orally and in writing in the form of report cards. Keywords: Management, Learning, Social Competence التعلم الاجتماعي إدارة الاختصاص بستان الأثفال أسيية منسرنجو سنة ٢٠١٦ / ٢٠١٧ تري رهيو ملخص وكانالغرضمنهذهالدراسةلوصفخصائصإدارةالتعلممنالكفاءةالاجتماعية،ووصفخصائصالمكانية،ويصفالكفاءةالاجتماعيةالتفاعلاتالتعلم،ووصفتقييمالتعلمالكفاءةالاجتماعيةفيبستانالأثفالأسييةمنسرنجو. هذاالنوعمنالبحثهونوعي. الاستراتيجيةالمستخدمةهياستراتيجيةالاثنوغرافيا. موقعالبحوثفيبستانالأثفالأسييةمنسرنجو. وجودالباحثينكانبمثابةأداةالبحث. مصادرالبياناتمأخوذةمنمخبروالمحفوظاتوالوثائق. المخبرينفيهذهالدراسةهوالرئيسيوالمعلمينوأولياءالأمور. استخدمتالبياناتالهندسيةجمعالمقابلاتالمتعمقة،والمراقبةوالتوثيق. تمتحليلالبياناتمنخلالتقنيةتحليلالتفاعلية،التيتتألفعمليةللحدمنالبيانات،وعرضالبياناتوالاستنتاج. وتنصالدراسةرتبتبستانالأثفالأسييةمنسرنجوالكفاءةالاجتماعيةإدارةالتعلمبستانالأثفالأسييةمنسرنجوإلىعدةمراحل،منبينأمورأخرى: ١) إدارةالموادالتعليميةلبناءوحدةوأنشطةوحدةيومياآخرأسبوعيمصممةعلىالمناهجالدراسيةالتيتموضعها. ٢) وضعتخصائصالمكانيةوفقالمنهجفيعام٢٠١٣،حيثيتمتقسيمالصفإلىعشرةمجالاتتتكونمنمجالاتاللاهوت،مجالالرياضيات،وتبلغمساحتهاالرملوالماء،والمناطقلغة،ومجالاتالدراما،مركزالفنوالمنطقةكتلة،منطقةالطبخوالمنطقةابا. ٣(التفاعلالتعلمالمكثفيحدثفيهاالعلاقةبينالمعلموالطفلقريبةجدابحيثيمكنللمعلمفهمخصائصكلطفلويمكنأنتوفرالعلاجوفقاللقدرةالطفل. أساليبالتعلممتعة،حتىأنالأطفاليرغبونفيتعلم. ٤) دراسةتقييميةأجريتلتحديدمدىقدرةالطفلالذيتمتحقيقه. وقدتمتقييمعنطريقالملاحظةوالملاحظاتالقصصيةوالواجبات. نتائجالتقييمإبلاغهاللوالدينشفوياوخطيافيشكلبطاقاتالتقرير. كلماتالبحث: الإدارة،التعليم،الكفاءةالاجتماعية