KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PAI DI SMK AN NUR AMPEL BOYOLALI
Main Authors: | Syaifudin, Zuhri, Prof. Dr. H., Usman Abu Bakar, M.A |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1015/1/SKRIPSI%20FULL.pdf http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1015/ |
Daftar Isi:
- KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PAI DI SMK AN NUR AMPEL BOYOLALI SYAIFUDIN ZUHRI NIM. 154031142 ABSTRAK Peningkatan kinerja menjadi permasalahan komplek dari lembaga pendidikan SMK AN NUR Ampel, Boyolali. Komunikasi Kepala Madrasah dalam peningkatan kenirja dibutuhkan oleh SMK AN NUR Ampel, Boyolali.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) strategi komunikasi yang diterapkan oleh kepala SMK AN NUR Ampel, Boyolali; 2) Dampak komunikasi yang diterapkan oleh Kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru PAI di SMK AN NUR Ampel, Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.Tempat penelitian dilakukan di SMK AN NUR Ampel, Boyolali , Bulan April-Mei 2017.Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru.Informannya adalah Wakil kepala sekolahdan staf administrasi. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.Tehnik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode, Tehnik Analisis data menggunakan analisis interaktif dengan pengumpulan data,reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi komunikasi yang dilakukan kepala madrasah yaitu: a) mengikutsertakan guru dalam diklat; b) menyediakan fasilitas yang diperlukan dalam proses pembelajaran; c) menghimbau/ mengingatkan guru untuk memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan; d) memberikan kebebasan kepada guru dalam penggunaan metode pembelajaran; e) menyediakan presensi dan mengecek secara berkala; f) melakukan pengaturan meja guru untuk mempermudah komunikasi; g) melakukan pengawasan terhadap setiap kegiatan pembelajaran; h) memberikan motivasi, arahan dan contoh kepada guru; i) memberikan teguran kepada guru yang kurang disiplin; dan j) kepala sekolah terbuka dan memberikan teladan kepada guru. 2) Dampak komunikasi yang diterapkan tersebut dapat meningkatkan kinerja guru sebab kinerja guru menjadi lebih baik dan tertib baik mulai dari merencanakan, melaksanakan pembelajaran hingga evaluasi/ penilaian pembelajaran. Kata kunci :komunikasi, kepala sekolah, kinerja guru THE COMMUNICATION OF THE PRINCIPALOF SCHOOL IN IMPROVING THE RELEGION TEACHER’S PERFORMANCE IN SMK AN NUR AMPEL BOYOLALI SYAIFUDIN ZUHRI NIM. 154031142 ABSTRACT The teacher’s working becomes a complex problem in the education institution of SMK AN NUR Ampel, Boyolali. The communication of the principle of school improving the teachers’ work is needed in SMK (Vocational High School) AN NUR Ampel, Boyolali. This research is desgned to find out: 1) communication strategy applied by the principal of SMK AN NUR Ampel, Boyolali; 2) the effects of communication applied by the principal of SMK in improving the religion o teachers performance. This research is qualitative in nature. The place of research is done in SMK AN NUR Ampel Boyolali from April to May 2017. The research subject is the school’s principal and the teachers. The respondents are the teachers, the principal’s staffs, and the school’s administration staffs. The methods of data collection are interview, observation, and documentation.The tecnic of data validation applied triangulation resource. . The analysed of data using the interactive analysis with the data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The research show that: 1) the communication strategy who done by principal of school are, : a) the teacher’s participate in education training; b) providing facilities needed in the learning processes; c) reminding teachers to take advantage of the facilities provided; d) giving freedom to teachers in applying learning methods; e) provide the teachers’ and staffs’ presence and checking it regularly; f) arranging the teachers’ desks and seats to make it easier for them to commnicate; g) supervising every activity in the school; h) giving motivation, directing, and giving samples to the teachers; i) reminding and warning teachers who are not discipline; j) the principal has to open minded to every idea of the teachers; 2) the effects of communication applied by the principal able to improve the teacher’s performance because it can be better in making the lesson plans, learning processes including the evaluation or learning assessment. Key words: communication, principal of school, teachers’ work االتصبل يذٚش انًذسسخ فٙ تشقٛخ االَضجبط فٙ انؼًم انًؼهى انًذسسخ انثبَٕٚخ "انُٕس" أيجٛم ثٕٕٚالنٗ سٛف انذٍٚ صْش٘ سقى انتسدٛم انطبنجخ . 142 031 154 انًهخص كبٌ االَضجبط فٙ انؼًم يشبكال يؼقذح يٍ انًئسسخ انًذسسخ انثبَٕٚخ االساليٛخ انحكٕيٛخ ١ ثٕٕٚالنٗ . ٚحتبج انًذسسخ انثبَٕٚخ االساليٛخ انحكٕيٛخ١ثٕٕٚالنٗ االتصبل يذٚش انًذسسخ فٙ تشقٛخ االَضجبط .ٚٓذف ْزا انجحث نًؼشفخ يبٚهٗ: 1 )االستشاتٛدٛخ االتصبل انتٗ ٚستحذو يذٚش انًذسسخ انثبَٕٚخ االساليٛخ انحكٕيٛخ١ثٕٕٚالنٗ 2 )اثبساالتصبل انزٖ ٚستحذو يذٚش انًذسسخ فٙ تشقٛخ االَضجبط فٙ انؼًم انًؼهى انًذسسخ انثبَٕٚخ االساليٛخ انحكٕيٛخ١ثٕٕٚالنٗ. ْزا انجحث ٚستحذو طشٚقخ انُٕػٗ ٔ يكبٌ انجحث فٗ انًذسسخ انثبَٕٚخ االساليٛخ انحكٕيٛخ١ثٕٕٚالنٗ شٓش أثشٚم انٗ شٓش يبٕٚ 2112. ٔ يٕضٕع انجحث ْى يذٚش انًذسسخ ٔ انًؼهى . ٔ ايب حًبيبد انًغٕٚخ ْٙ َبئت يذٚش انًذسسخ ٔ انًؼهًٌٕ ٔ انًٕظفٌٕ االداسٌٕٚ .ٔ خًغ انجٛبَبد ثبستحذاو انًقبثالد ٔ انًالحظخ ٔ انٕثبئق. طشٚقخ انصحخ انجٛبَبد ثبستحذاو انًثهث انًصبدس ٔ انطشٚقخ . ٔ تقُٛخ انتحهٛهٛخ انجٛبَبد ثبستحذاو انتحهٛهخ انتفبػهٛخ ثدًغ انجٛبَبد ٔ االختذال انجٛبَبد ٔ تقذٚى انجٛبَبد ٔ االستُتبج. ٔ اظٓشد َتبئح انجحث يبٚهٗ : 1 )سؼٙ االتصبل انزٖ ٚستحذو يذٚش انًذسسخ ْٕ : ا( انًشبسكخ فٗ تذسٚت انًؼهًٍٛ :ة( تٕفٛش انتسٓٛالد انالصيخ فٗ ػًهٛخ انًتؼهًخ:ج( ٚحث ٔ ُٚجّ انًؼهى نالستُفبدح انتسٓٛالد انًقذيخ:د( اػطبء انحشٚخ نهًؼهًٍٛ فٙ استحذاو اسبنٛت انتؼهٛى:ِ(تقذٚى انغٛبة ٔ ٚتجٍٛ دٔس٘: ٔ(ٚقٕو ثتُظٛى يكتت االستبر نتسٓٛم االتصبالد: ص(ٚقٕو ثبالششاف ػهٗ كم َشبط انتؼهٛى: ذ(تقذٚى انحبفش ٔانتٕخّٛ ٔ االيثهخ نهًؼهًٍٛ: ط(اػطبء تحزٚش نهًؼهًٍٛ انزٍٚ ال ٚفتقشٌٔ انٗ انُضجبط: ٘(يذٚش انًذسسخ يفتٕحخ ٔ يثبال نهًؼهًٍٛ . 2)اثبس االتصبالد انتٗ ٚستحذو يذٚش انًذسسخ ٚستُفذ فٗ تشقٛخ االَضجبط فٙ انؼًم انًؼهى ٚكٌٕ خٛشا ٔ تُظًٛب اثتذاء يٍ انتخطٛظ ٔ تُفٛذ انتؼهٛى حتٗ تقٛى انتؼهٛى كهًبد انجحث : االتصبالد,يذٚش انًذسسخ,اداء انًؼهى