MANAJEMEN INOVASI KURIKULUM PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS SURAKARTA TAHUN 2016/2017

Main Authors: Masruchan, Masruchan, Dr. H., Mudhofir, S.Ag.,M.Pd
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1000/1/FULL%20TEXT.pdf
http://eprints.iain-surakarta.ac.id/1000/
Daftar Isi:
  • MANAJEMEN INOVASI KURIKULUM PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS SURAKARTA TAHUN 2016/2017 Masruchan Abstrak Seiring dengan berkembangnya dunia pendidikan, kurikulum harus dapat menyesuaikan. Strategi mempertahankan struktur suatu kurikulum tanpa perubahan serta inovasi akan berdampak pada ketidakberhasilan mutu serta kualitas pendidikan yang baik.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) penyusunan manajemeninovasi kurikulum yang ada di Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Khusus Surakarta, 2) konsep, proses, karakteristik, dan strategi yang digunakan dalam manajemeninovasi kurikulum Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Khusus Surakarta, 3) faktor pendukung dan penghambat sertamanfaatdalam penyusunan manajemeninovasi kurikulum di Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Khusus Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Khusus Kota Barat Surakarta. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, karyawan dan siswa-siswi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk mendapatkan keabsahan data menggunakan triangulasimodel interaktif yang meliputi reduksi pengumpulan data,reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Khusus Surakartaberkurikulum syari`ah merupakan hasil modifikasi kurikulum syari`ah dengan KTSP dan Kurikulum 13 dengan mensinergikan antara pengetahuan umum dan diniyyah (agama) yang menjadi pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran sebagai bentuk inovasi kurikulumnya, 2) Bentuk pembelajaran dalam kurikulum sekolah syariah dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai syariah dalam materi semua mata pelajaran, tanpa penambahan mata pelajaran baru dengan kurikulum sekolah syariah, 3) Faktor pendukung dalam penyusunan manajemeninovasi kurikulum di Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Khusus Surakarta terdiri darikegiatan harian, mingguan, dan tahunan, kegiatan ekstrakurikuler danterintegrasinya program khusus yaitu kurikulum syariah dengan mata pelajaran lain.Faktor hambatannya adalah dalam pelaksanaan dan implementasi sedikit mengalami kesulitan.Manfaat dari adanya pencanangan kurikulum sekolah syariah, dapat membawa perubahan pada siswa menuju kepada pemahaman Islam yang lurus dan akhlak yang lebih baik serta adanya pembentukan generasi muslimUlul Albab. Kata kunci: manajemen, inovasi, kurikulum, Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Khusus INNOVATION MANAGEMENT CURRICULUM OF EDUCATION AT MUHAMMADIYAH ELEMENTARY SCHOOL SPECIAL PROGRAM IN SURAKARTA YEAR 2016/2017 Masruchan Abstract Along with the development of education, curriculum must be able to adjust. Strategy of maintaining curriculum structure without change and innovation will have an impact on bad quality as well as good quality of education. This research is intended to determine: 1) Arrangement of curriculum innovation at Muhmmadiyah Elementary School Special Program, 2) Concept, process, characteristic, and strategy used in innovation management curriculum at Muhmmadiyah Elementary School Special Program Surakarta, 3) Supporting and inhibiting factors in making curriculum innovation at Muhmmadiyah Elementary School Special Program Surakarta. This research applied descriptive qualitative method. This research was conducted at Muhammadiyah Elementary School Special Program Kota Barat Surakarta. Subjects of this research were Principal, teachers, staffs, and students. Technique of collecting data used observation, in-depth interview and documentation. Technique of validity data used interactive model, including data reduction, data collection, data display and conclusion. This research shows that: 1) Muhmmadiyah Elementary School Special Program applying Sharia curriculum is the result of modification between national sharia curriculum of KTSP and curriculum 13 by synergizing knowledge and diniyyah (religion) as a guidance in conducting learning process for its curriculum innovation, 2) Learning type of Sharia school curriculum is done by synergizing Sharia’s values inside learning subjects, without adding new material inside sharia school curriculum, 3) Supporting factors in arranging curriculum innovation at Muhmmadiyah Elementary School Special Program are daily, weekly, and annually events, extracurricular events and integration of special program, i.e. sharia curriculum and other general subjects. Meanwhile, inhibiting factors are difficulties in conducting and implementing curriculum innovation due to neighborhood and advanced technology. The benefits of sharia school curriculum planning may bring the change among the students to understand Islam and good attitude to create Muslim generation of UlulAlbab. Keywords:management,innovation, curriculum,MuhmmadiyahElementary School Special Program