PENDIDIKAN INTEGRATIF PADA TARBIYATUL MU’ALLIMAAT AL-ISLAMIYAH PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PRENDUAN SUMENEP
Main Author: | Ummah, Fiena Saadatul; Pascasarjana STAIN Pamekasan |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Madura State Islamic Institute (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura)
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/islamuna/article/view/1740 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Pendidikan integratif pondok pesantren merupakan sistem perpaduan antara pendidikan agama dan pendidikan umum yang diterapkan di sebuah pesantren. Seiring perkembangannya, pesantren pun terus meningkatkan pola-pola pendidikan yang lebih modern. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi partisipan, wawancara semi terstruktur, dan metode dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu selama penelitian dan setelah penelitian dilakukan. Pelaksanaan pendidikan integratif di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan terbagi menjadi tiga aspek, yaitu perencanaan, proses dan evaluasi. Perencanaan sistem tersebut melalui studi banding dan bersilaturrahim ke beberapa pondok di Jawa Timur, membentuk tim kecil untuk menyusun kurikulum hingga terbentuk kurikulum hidup dan kehidupan. Program-program yang terbentuk yaitu program intrakurikuler, program ko-kurikuler, program ekstrakurikuler, dan program bimbingan dan penyuluhan.