PENGARUH PENGGUNAAN INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU NARSISME DI KALANGAN MAHASISWA
Main Authors: | Muslimin, Khoirul, Yusuf, Muhammad David |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Dakwah dan Komunikasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ejournal.unisnu.ac.id/JKIN/article/view/1610 https://ejournal.unisnu.ac.id/JKIN/article/view/1610/1483 |
Daftar Isi:
- Social media is now present and changing the paradigm of community communication, where now communication can occur anywhere at any time without having to meet face to face. Social media Instagram is a communication media in the form of an application for sharing photos, which allows users to take photos, apply digital filters, so that they can be seen by followers of other Instagram user accounts and allow them to respond to each other such as likes, comments etc. The purpose of this study was to determine whether there is an influence between the use of Instagram social media on narcissistic behavior among students of the Islamic Communication and Broadcasting Study Program, Faculty of Da'wah and Communication, Unisnu Jepara. In this study, there are two variables, namely the use of Instagram as an independent variable (independent) and narcissistic behavior as the dependent variable. The sample in this study were students of class 2016-2019. The sampling technique in this study used simple random sampling. Data collection methods consisted of observation, interviews and questionnaires. The data were analyzed using the IMB SPSS Statistics 25 application. The results of the correlation test using the product moment correlation analysis between the use of Instagram social media on narcissistic behavior were 0.636 with a significance value of 0.000, which means that there is a significant and positive influence between the use of Instagram on narcissistic behavior among Study Program students. Islamic Communication and Broadcasting, Faculty of Da'wah and Communication, Unisnu Jepara. Media sosial kini hadir dan merubah paradigma berkomunikasi masyarakat, dimana sekarang ini komunikasi bisa terjadi dimana saja kapan saja tanpa harus bertatap muka secara langsung. Media sosial Instagram adalah media komunikasi berupa aplikasi untuk berbagi foto, yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto, menerapkan filter digital, sehingga dapat dilihat oleh para pengikut akun pengguna Instagram lain dan memungkinkan untuk saling memberikan respon seperti like, komentar dll. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara penggunaan media sosial Instagram terhadap perilaku narsisme di kalangan mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Unisnu Jepara. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu penggunaan Instagram sebagai variabel bebas (independen) dan perilaku narsisme sebagai variabel terikat (dependen). Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2016-2019. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan aplikasi IMB SPSS Statistics 25. Hasil uji korelasi menggunakan analisis korelasi product moment antara penggunaan media sosial Instagram terhadap perilaku narsisme adalah 0,636 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti terdapat pengaruh signifikan dan positif antara penggunaan Instagram terhadap perilaku narsisme di kalangan mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Unisnu Jepara.