Model pembelajaran kreatif treffinger terhadap kemampuan memecahkan masalah pada materi ekosistem dan perubahan lingkungan

Main Authors: Devi, Anugrah, Susanti, Murwitaningsih, Susilo, Susilo, Desya Aryani, Sofyan
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Biology Education Study Program of STKIP Persada Khatulistiwa Sintang , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uhamka.ac.id/4834/1/JPBIO%20S3%20601-1984-2-PB%20%281%29.pdf
http://repository.uhamka.ac.id/4834/
http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JBIO/article/view/601
https://doi.org/10.31932/jpbio.v5i1.601
Daftar Isi:
  • Berkembangnya kemampuan berpikir siswa dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Studi ini bertujuan untuk menyelidiki tentang pengaruh model treffinger terhadap kemampuan memecahkan masalah pada siswa. Design quasi experimental diterapkan dengan menggunakan post-test only control group design. Studi ini melibatkan 62 siswa dari total 144 siswa. Instrument berupa soal tes sebanyak 35 soal pilihan ganda. Uji parametrik dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t digunakan untuk menganalisis data hasil nilai post-test. Hasil studi ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (63,41>54,27). Perhitungan dari uji t menunjukkan bahwa model treffinger berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa. Sintak pada model treffinger berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa pada materi ekosistem dan perubahan lingkungan. Tahap I (Basic Tools) dapat meningkatkan dua indikator kemampuan memecahkan masalah yaitu merumuskan masalah dan hipotesis.