ASPEK PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PUISI HAMKA

Main Author: Nani Solihati, Nani
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Yogyakarta , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uhamka.ac.id/277/1/jurnal%20litera.pdf
http://repository.uhamka.ac.id/277/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam puisi-puisi HAMKA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data adalah sebelas puisi karya Hamka dari buku Kenang-kenangan 70 Tahun Buya HAMKA dan Kenang-Kenangan Hidup. Data dikumpulkan dengan membaca secara cermat kandungan makna tiap puisi dan melakukan pencatatan. Analisis data dilakukan dengan teknikdeskriptif kualitatif model Miles dan Huberman, yaitu dengan langkah identifikasi fokus penelitian, reduksi data, analisis dan penyajian data, sertapembuatan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa puisi-puisi karya HAMKA mengandung nilai pendidikan karakter yang meliputi: (1) religiositas, (2) kejujuran, (3) kerja keras, (4) kemandirian, (5) semangat kebangsaan, (6) cinta tanah air, (7) peduli sosial, dan (8) tanggung jawab. Lewat puisi puisinyanya terlihat upaya HAMKA untuk menyampaikan pesan-pesan yang penuh makna tentang pemberian tuntunan kepada pembaca untuk menjadi manusia seutuhnya yang berkarakter dalam dimensi hati, pikiran, raga, serta rasa dan karsa.