Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Tangram Pada Siswa Kelas IV SDN Pejagalan 05 Pagi Jakarta Utara

Main Authors: Syafrudin, Lutfia, Kurniasih, Meyta Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15533/1/FKIP_PGSD_1601025278_LUTFIA%20SYAFRUDIN.pdf
http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15533/
ctrlnum 15533
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15533/</relation><title>Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Tangram Pada Siswa Kelas IV SDN Pejagalan 05 Pagi Jakarta Utara</title><creator>Syafrudin, Lutfia</creator><creator>Kurniasih, Meyta Dwi</creator><subject>L Education</subject><subject>QA Mathematics</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media tangram di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pejagalan 05 Pagi pada semester 2 tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan model Kemmis Taggart, mulai dari proses perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi dan angket. Instrumen yang digunakan antara lain lembar observasi aktivitas siswa dan guru, tes formatif , soal evaluasi, catatan lapangan, lembar angket dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media tangram pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Pada siklus I, rata-rata hasil belajar siswa diperoleh nilai 65,31 dan ketuntasan siswa sebesar 75%. Sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 67,92 dan ketuntasan siswa mencapai 83,33%. Apabila dipersentasikan, peningkatan nilai rata-rata siswa mencapai 7,05% dan ketuntasan siswa naik 3,03%.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15533/1/FKIP_PGSD_1601025278_LUTFIA%20SYAFRUDIN.pdf</identifier><identifier> Syafrudin, Lutfia dan Kurniasih, Meyta Dwi (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Tangram Pada Siswa Kelas IV SDN Pejagalan 05 Pagi Jakarta Utara. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka. </identifier><recordID>15533</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Syafrudin, Lutfia
Kurniasih, Meyta Dwi
title Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Tangram Pada Siswa Kelas IV SDN Pejagalan 05 Pagi Jakarta Utara
publishDate 2020
isbn 9781601025272
topic L Education
QA Mathematics
url http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15533/1/FKIP_PGSD_1601025278_LUTFIA%20SYAFRUDIN.pdf
http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15533/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media tangram di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pejagalan 05 Pagi pada semester 2 tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan model Kemmis Taggart, mulai dari proses perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi dan angket. Instrumen yang digunakan antara lain lembar observasi aktivitas siswa dan guru, tes formatif , soal evaluasi, catatan lapangan, lembar angket dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media tangram pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Pada siklus I, rata-rata hasil belajar siswa diperoleh nilai 65,31 dan ketuntasan siswa sebesar 75%. Sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 67,92 dan ketuntasan siswa mencapai 83,33%. Apabila dipersentasikan, peningkatan nilai rata-rata siswa mencapai 7,05% dan ketuntasan siswa naik 3,03%.
id IOS3424.15533
institution Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
institution_id 472
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
library_id 549
collection Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA
repository_id 3424
subject_area Bahasa
Farmasi
Pendidikan
city JAKARTA SELATAN
province DKI JAKARTA
repoId IOS3424
first_indexed 2023-03-04T20:57:45Z
last_indexed 2023-03-04T20:57:45Z
recordtype dc
_version_ 1764500586305159168
score 17.538404