Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Raeding and Composition Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Susukan 06 Pagi
Main Authors: | Nurlinasari, Nina, Yatri, Ika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14594/1/FKIP_PGSD_1601025089_NINA%20NURLINASARI.pdf http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/14594/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition pada siswa kelas V SDN Susukan 06 Pagi Jakarta Timur pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode peneitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan design penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Point Biserial sebanyak 35 soal plihan ganda dengan 30 soal yang valid dan 5 soal drop. Sedangkan pada uji realibilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh = 0.523 > = 0.355, maka data tersebut memiliki intrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji kai kuadrat (chi kuadrat) diperoleh 189 < 222.08 maka data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji F (Fisher) diperoleh 2.381 < 4.023, maka uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Dapat disimpulkan bahwa pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh 13.8225 dengan 2.0066 pada α = 0.05 dan 1.675 α = 0.01 maka dengan demikian ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition pada hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Susukan 06 Pagi Jakarta Timur.