Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel

Main Authors: Rahmania, Listia, Rahmawati, Ana
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang , 2016
Subjects:
Online Access: http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jmpm/article/view/639
http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jmpm/article/view/639/548
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah satu siswa kelas VII-A MTs Al-Anwar Paculgowang. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode tes dan wawancara. Peneliti menggunakan triangulasi waktu untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan subjek adalah kesalahan konsep yang meliputi kesalahan dalam memahami konsep persegipanjang, konsep luas persegipanjang, serta konsep sisi persegipanjang. Kesalahan prinsip dan operasi tidak dapat diselidiki lebih lanjut karena subjek melakukan kesalahan dalam menerjemahkan soal ke dalam model matematika, sehingga subjek tidak dapat melakukan tahap penyelesaian berikutnya dengan benar.