Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Proyek Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP
Main Author: | Lestari, Wiwit Damayanti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jmpm/article/view/624 http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jmpm/article/view/624/526 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan kemampuan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan proyek dan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII salah satu SMP Negeri di Cirebon tahun ajaran 2013/2014. Sampel untuk penelitian ini diambil dua kelas sebagai kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan proyek dan kelas kontrol yang mendapat pembelajaran konvensional dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan proyek lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional sehingga pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan proyek dapat menjadi alternatif dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP.