Proses Berpikir Siswa Quitter dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Berdasarkan Langkah-langkah Polya

Main Authors: Irianti, Nathasa Pramudita, Subanji, Subanji, Chandra, Tjang Daniel
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang , 2016
Subjects:
Online Access: http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jmpm/article/view/582
http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jmpm/article/view/582/513
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan mendeskripsikan proses berpikir siswa quitter dalam menyelesaikan masalah SPLDV. Pertama, dilakukan tes ARP (Adversity Response Profile) untuk mengetahui tipe adversity quotient dari masing-masing siswa. Selanjutnya, dipilih siswa dengan tipe quitter. Siswa diberikan tugas pemecahan masalah SPLDV dan wawancara berbasis tugas. Dalam pemecahan masalah ini, digunakan langkah-langkah pemecahan polya yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai perencanaan, dan memeriksa kembali hasil yang telah diperoleh. Hasilnya, siswa dengan tipe quitter melakukan asimilasi saat memahami masalah dan akomodasi pada langkah menyusun rencana penyelesaian, menyelesaikan masalah sesuai perencanaan, dan memeriksa kembali hasil yang telah diperoleh. Untuk masalah rumit, siswa dengan tipe quitter melakukan asimilasi salah (asimilasi yang memberikan hasil salah) ataupun akomodasi tidak sempurna karena informasi yang dimiliki kurang.