Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Core untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa
Main Authors: | Ali, Rini Hardiyanti, Saragih, Sehatta, Kartini, Kartini |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Document eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/2179 http://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/2179/1199 http://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/jmpm/article/view/2179/1410 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang valid dan praktis untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel untuk kelas VII SMP/MTs Pekanbaru. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan instrumen penelitiannya lembar validasi silabus, RPP, LKPD dan soal tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data diperoleh dari penilaian tiga validator yang kemudian dianalisis. Penerapan skor yang digunakan menggunakan skala likert dan skala guttman. Hasil analisis data validasi perangkat pembelajaran untuk silabus diperoleh 3,68 dengan kategori sangat valid, untuk RPP diperoleh 3,62 dengan kategori sangat valid dan soal kemampuan komunikasi matematis diperoleh 3,44 dengan kategori sangat valid, untuk LKPD diperoleh 3,52 dengan kategori sangat valid serta kepraktisan LKPD diperoleh 86% dengan kategori sangat valid.