Penggunaan Scaffolding untuk Mengatasi Kesulitan Problem Solving Mahasiswa Calon Guru

Main Authors: Satiti, Wisnu Siwi, Verdianingsih, Eliza
Other Authors: RISTEKDIKTI, Universitas KH. A Wahab Hasbullah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang , 2019
Subjects:
Online Access: http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jmpm/article/view/1680
http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jmpm/article/view/1680/945
Daftar Isi:
  • Banyak mahasiswa mengalami kesulitan dalam problem-solving karena mereka tidak mengetahui konsep yang mendasari masalah/soal. Pada umumnya mahasiswa menyelesaikan masalah matematika dengan sekedar fokus pada formula/rumus dan menyubtitusikan bilangan ke dalam formula tersebut tanpa memperhatikan prinsip yang relevan maupun strategi yang tepat. Akibatnya, mahasiswa tidak dapat menemukan solusi yang tepat. Untuk mengatasi hal ini, diberikan scaffolding pada mahasiswa dalam aktivitas problem-solving. Sehingga, tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh gambaran menyeluruh tentang bagaimana scaffolding membantu mahasiswa mengatasi kesulitan dalam problem-solving. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode design-research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa scaffolding yang diberikan membantu mahasiswa menemukan dan mengaplikasikan konsep/prinsip yang relevan, memfasilitasi mahasiswa melakukan refleksi terhadap strategi penyelesaian, dan mahasiswa dapat menentukan solusi yang tepat melalui tahapan problem-solving.