Pengaruh Penggunaan GeoGebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Topik Garis dan Sudut

Main Authors: Nurfadilah, Umi, Suhendar, Uki
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang , 2019
Subjects:
Online Access: http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jmpm/article/view/1294
http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jmpm/article/view/1294/852
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran GeoGebra terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada topik Garis dan Sudut di kelas VII SMP Negeri 2 Pulung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pulung. Kelas VIIA diberi perlakuan pembelajaran dengan media GeoGebra dan kelas VIIB diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi pretest dan posttest yang berupa soal pemecahan masalah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t. Hasil uji dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa hasil nilai sig.=0,038 lebih kecil dari α sehingga ditolak. Artinya, penggunaan media GeoGebra di kelas eksperimen berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.