Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis dan Self-Concept Siswa Melalui Pendekatan Saintifik pada Materi Trigonometri
Main Authors: | Z, Yulia Rahmawati, Priatna, Nanang, Nurjanah, Nurjanah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pesantren Tinggi Darul 'Ulum Jombang
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jmpm/article/view/1272 http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jmpm/article/view/1272/856 http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jmpm/article/downloadSuppFile/1272/86 http://journal.unipdu.ac.id:8080/index.php/jmpm/article/downloadSuppFile/1272/87 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan self-concept siswa SMA melalui pendekatan saintifik pada materi trigonometri. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain control group pretest-postest dan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling sehingga terpilih dua kelompok pada kelas X SMAN 1 Pangkalan Koto Baru. Kelompok eksperimen diberi pembelajaran melalui pendekatan saintifik (PS) sedangkan kelompok kontrol diberi pembelajaran biasa (PB). Instrumen penelitian terdiri dari tes tertulis dan angket self-concept yang dianalisis dengan uji statistik t-test atau Mann Whitney. Hasil analisis menunjukkan bahwa: a) pencapaian dan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa melalui pembelajaran PS lebih baik dari siswa yang memperoleh PB, dan b) Self-concept matematis siswa melalui pembelajaran PS lebih baik dari siswa yang memperoleh PB.