PENGARUH HASIL TES FORMATIF TERHADAP HASIL TES SUMATIF MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS VII SMPI HIDAYATUL MUBTADIIN MINDAHAN KIDUL BATEALIT JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: Said, Nur
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/995/1/131310000426%20Nur%20Said%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/995/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • NUR SAID. NIM 131310000426. Pengaruh Hasil Tes Formatif terhadap Hasil Tes Sumatif Mata Pelajaran Fiqih di Kelas VII SMPI Hidayatul Mubtadiin Mindahan Kidul Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015, Fakultas Tarbiyah UNISNU Jepara 2015. 87 Halaman Latar Belakang judul adalah Dengan adanya penilaian formatif, maka seorang guru dapat mengetahui keberhasilan dirinya dalam mengajar dan apabila para siswanya banyak yang belum menguasai materi ataupun belum paham dengan bahan pelajaran itu maka seorang guru dapat memperbaiki cara mengajarnya. Kemudian tes formatif juga membawa pengaruh yang sangat besar untuk tes sumatif karena apabila tes formatif itu sudah tercapai dengan baik maka hasilnyapun akan berimbas pada penilaian sumatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah : Untuk mengetahui Nilai Tes Formatif pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas VII SMPI Hidayatul Mubtadiin Mindahan Kidul Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Untuk mengetahui nilai Tes Sumatif pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas VII SMPI Hidayatul Mubtadiin Mindahan Kidul Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Untuk mengetahui pengaruh Nilai Tes Formatif terhadap Nilai Tes Sumatif pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas VII SMPI Hidayatul Mubtadiin Mindahan Kidul Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah metode angket, dan dokumentasi. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII SMPI Hidayatul Mubtadiin Mindahan Kidul Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 yang 33 siswa dan penelitian ini merupakan peneltian popupasi. Dari pembahasan teori yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya, maka penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut : Nilai tes Formatif pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas VII SMPI Hidayatul Mubtadiin Mindahan Kidul Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah tergolong baik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil yaitu 70 pada interval 69-73 berjalan dengan baik, sangat teratur, rapi dan sistematis. Nilai Tes Sumatif pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas VII SMPI Hidayatul Mubtadiin Mindahan Kidul Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah tergolong baik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai ratarata hasil evaluasi yaitu 70,545 pada interval 68 – 73 Hal ini dikarenakan rata-rata siswa di Kelas VII SMPI Hidayatul Mubtadiin Mindahan Kidul Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 aktif dalam mengikuti tes formatif setiap selesai menyampaikan kompetensi dasar. Ada pengaruh yang signifikan antara Nilai Tes Formatif dengan Nilai Tes Sumatif Di Kelas VII SMPI Hidayatul Mubtadiin Mindahan Kidul Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukkan bahwa rxy = 0,538 lebih besar dari rtabel sebagai berikut : 0,344 untuk taraf signifikansi 5 %. (33 responden). 0,442 untuk taraf signifikansi 1% (33 responden)