KORELASI ANTARA POLA ASUH DAN PERHATIAN ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA DI MI NURUL HUDA MURYOLOBO NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | ZULIYANTI, ZULIYANTI |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/972/1/131310001227%20Zuliyanti%20%28Upload%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/972/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Zuliyanti, 2015. Korelasi Antara Pola Asuh dan Perhatian Orangtua dengan Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa Di MI Nurul Huda Muryolobo Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UNISNU Jepara, Pembimbing: H. Mufid, M.Ag. Kata Kunci: Pola Asuh, Perhatian Orangtua, Prestasi Belajar Kehadiran orangtua sangatlah berharga bagi perkembangan kepribadian dan motivasi seorang anak. Namun yang terpenting dalam hal ini adalah bagaimana para orangtua menerapkan pola asuh untuk dapat mengembangkan dan memotivasi anak-anaknya terutama pada saat mereka sedang belajar. Pola asuh orangtua tidak hanya menimbulkan hubungan yang kuat di dalam keluarga tetapi juga sikap dan perilaku anak tersebut. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana pola asuh orangtua yang diterapkan pada siswa kelas IV dan V MI Nurul Huda Muryolobo Nalumsari Jepara? 2) Bagaimana perhatian orangtua pada siswa kelas IV dan V MI Nurul Huda Muryolobo Nalumsari Jepara? 3) Bagaimana prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas IV dan V MI Nurul Huda Muryolobo Nalumsari Jepara? Dan (4) Bagaimana korelasi antara pola asuh dan perhatian orangtua dengan prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas IV dan V MI Nurul Huda Muryolobo Nalumsari Jepara? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dimana data penelitian yang didapatkan berupa angkaangka dan analisis menggunakan statistik. Dikarenakan dalam penelitian ini terdapat dua variabel bebas dan satu variabel terikat maka teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data statistik korelasi ganda. Kajian ini menunjukkan bahwa: 1) Pola asuh orangtua yang diterapkan pada siswa kelas IV dan V MI Nurul Huda Muryolobo Nalumsari Jepara termasuk dalam kategori baik karena memiliki nilai rata-rata sebesar 43.77 yang masuk dalam kelas interval (42 – 43) yang berkategori baik. 2) Perhatian orangtua pada siswa kelas IV dan V MI Nurul Huda Muryolobo Nalumsari Jepara termasuk dalam kategori baik karena memiliki nilai rata-rata sebesar 36.65 yang masuk dalam kelas interval (36 – 37) yang berkategori baik. 3) Prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas IV dan V MI Nurul Huda Muryolobo Nalumsari Jepara termasuk dalam kategori cukup karena memiliki nilai rata-rata sebasar 73.71 yang masuk ke dalam kelas interval (72 – 73) yang berkategori cukup. Dan (4) Korelasi yang diberikan oleh pola asuh dan perhatian orangtua terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas IV dan V MI Nurul Huda Muryolobo Nalumsari Jepara adalah sebesar 0.430 dan nilai tersebut lebih besar dari besaran nilai Rtabel product moment dengan nilai N = 31 menurut taraf signifikansi 5% (0.355).