PENERAPAN STRATEGI MENGAJAR EKSPOSITORI (EXPOSITORY TEACHING) DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI MATHOLI’UL HUDA 02 SRIKANDANG BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | HIDAYAH, NURUL |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/970/1/131310001212%20Nurul%20Hidayah%20%28Upload%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/970/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- NURUL HIDAYAH (131310001212). PENERAPAN STRATEGI MENGAJAR EKSPOSITORI (EXPOSITORY TEACHING) DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MI MATHOLI’UL HUDA 02 SRIKANDANG BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015, Skripsi, Jepara: Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Agama Islam UNISNU Jepara, 2015. Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui prosedur penerapan strategi mengajar ekspositori (expository teaching) dalam pembelajaran aqidah akhlak di MI Matholi’ul Huda 02 Srikandang Bangsri Jepara. 2) Untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi penerapan strategi mengajar ekspositori (expository teaching) dalam pembelajaran aqidah akhlak di MI Matholi’ul Huda 02 Srikandang Bangsri Jepara. 3) Untuk mengetahui dampak penerapan strategi mengajar ekspositori (expository teaching) dalam pembelajaran aqidah akhlak di MI Matholi’ul Huda 02 Srikandang Bangsri Jepara Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari analisa yang penulis lakukan, dapat disimpulkan hasil sebagai berikut: Prosedur penerapan strategi mengajar ekspositori (expository teaching) dalam pembelajaran aqidah akhlak di MI Matholi’ul Huda 02 Srikandang Bangsri Jepara adalah dilakukan melalui 4 tahap yaitu: tahap persiapan, pertautan, tahap penyampaian atau penyajian materi, dan tahap evaluasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan strategi mengajar ekspositori (expository teaching) dalam pembelajaran aqidah akhlak di MI Matholi’ul Huda 02 Srikandang Bangsri Jepara adalah: a. Faktor internal: kompetensi guru, penggunaan bahasa oleh guru dalam menerangkan materi pelajaran. b. Faktor Eksternal: tingkat kematangan, minat, bakat, gaya belajar siswa, pemahaman siswa, sumber belajar, dan dukungan lembaga pada strategi yang digunakan. Dampak penerapan strategi mengajar ekspositori (expository teaching) dalam pembelajaran aqidah akhlak di MI Matholi’ul Huda 02 Srikandang Bangsri Jepara adalah guru aktif menyampaikan pelajaran, siswa menjadi pasif dalam pembelajaran karena hanya mendengarkan ceramah guru tentang materi pelajaran aqidah akhlak, dan ukuran daya serap siswa berdasarkan kemampuan dalam menjawab pertanyaan guru.