PENGARUH HARGA, KUALITAS DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SENI SAKTI MONEL KRIYAN KALINYAMATAN JEPARA
Main Author: | NISROHAH, NISROHAH |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/957/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/957/2/PENGARUH%20HARGA%20KUALITAS%20DAN%20LOKASI%20TERHADAP%20KEPUTUSAN%20PEMBELIAN.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/957/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Meningkatkan kualitas produk merupakan suatu kegiatan yang sangat perlu dilakukan oleh setiap kegiatan produksi. Hal ini disebabkan karena kualitas atau mutu barang hasil produksi perusahaan itu adalah cermin keberhasilan perusahaan dimata masyarakat atau konsumen. Seni Sakti Monel Kriyan Kalinyamatan Jepara adalah salah satu kegiatan usaha monel yang ada di Jepara yang bergerak dalam bidang kerajinan monel. Peningkatan kualitas produk yang ditunjang dengan lokasi yang strategis serta penetapan harga yang sesuai terhadap produk yang dihasilkan pada akhirnya akan berpengaruh pada laba perusahaan dan mengakibatkan volume penjualan perusahaan akan meningkat. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh harga, kualitas dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada Seni Sakti Monel Kriyan Kalinyamatan Jepara secara parsial. Variabel manakah diantara harga, kualitas dan lokasi yang punya pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian pada Seni Sakti Monel Kriyan Kalinyamatan Jepara secara berganda. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel independen yaitu harga, kualitas, lokasi, dan variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling yaitu sebanyak 100 responden, metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Untuk metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi secara parsial dan berganda, pengujian hipotesis dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil analisis regresi dalam penelitian ini diperoleh persamaan Y = 1,948 + 0,279 (X 1 ) + 0,267 (X 2 ) + 0,401 (X 3 ) yang menyebutkan bahwa terdapat pengaruh antara harga, kualitas dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada Seni Sakti Monel Kriyan kalinyamatanJepara. Nilai koefisien regresi variabel harga (X 1 ) adalah sebesar 0,279, sedangkan variabel kualitas (X 2 ) sebesar 0,267, dan variabel lokasi (X 3 ) mempunyai pengaruh yang paling besar yaitu sebesar 0,401. Ketiga variabel tersebut memberikan kontribusi pengaruh terhadap keputusan pembelian pada Seni Sakti Monel Kriyan Kalinyamatan Jepara adalah sebesar 83,1 %. Berarti masih ada variabel diluar penelitian yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Seni Sakti Monel Kriyan Kalinyamatan Jepara.