PENGARUH IKLAN TELEVISI, KELOMPOK REFERENSI SOSIAL DAN KELUARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK INDOMIE GORENG ( Studi Kasus Pada Mahasiswa STIENU Jepara )
Main Author: | ANNY, NEENA ANDREW |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/951/1/cover.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/951/2/BAB%20I-V.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/951/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Berbagai produk mie instan dipasarkan tentu membuatkonsumen memilih produk mana yang benar –benar memenuhi selera dan memberi kepuasan. Produk Indomie goreng merupakan salah satu mie yang disukai oleh konsumen. Tentu saja perusahaan saling bersaing memperoleh pelanggan sebanyak – banyaknya. Berbagai cara dilakukan, baik dengan promosi melalui iklan televisi yang gencar dan menarik, saluran referensi sosial yang paling penting yaitu dari mulut ke mulut,dan melalui pengaruh keluarga yang merupakan awal kebiasaan sehari – hari di rumah. Hal ini memungkinkan konsumen benar – benar mempertimbangkan dalam keputusan pembelian produk indomie goreng tersebut. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka peusahaanperlu mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam keputusan pembelian. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel iklan televisi, kelompok referensi sosial dan keluarga mempengaruhi keputusan pembelian produk Indomie goreng pada mahasiswa STIENU Jepara secara parsial maupun simultan.Variabel independen dalam penelitian ini adalah iklan televisi, kelompok referensi sosial dan keluarga sedangkan variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Jenis dan sumber datanya meliputi data primer, sampelnya sebanyak 85 responden, dan data sekunder melalui pencatatan dari BAAK. Pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan kuesioner. Pengolahan datanya meliputi editing, coding, scoring dan tabulating. Metode yang digunakan alam penelitian ini dilakukanpengujian menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi berganda,uji hipotesis, dan adjusted R square. Dari analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = -2,068 + 0,327 (X1) + 0,537 (X2) + 0,298 (X3) mengandung arti bahwa variabel iklan televisi, kelompok referensi sosial dan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan perhitungan SPSS tabel model Summary b didapatkan nilai adjusted R square (R 2 ) sebesar 0,710 atau 71%. Hal ini berarti 71% variabel keputusan pembalian dapat dijelaskan oleh variable iklan televisi, kelompok referensi sosial dan keluarga. Sedangkan sisanya 29% dijelaskan oleh sebab-sebab lain di luar model. Keputusan pembelian memberikan pengaruh cukup besar. Dengan adanya pesaing produk lain akan punya pilihan, mahasiswa bisa saja pindah ke produk lain.