ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, RASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PERUSAHAAN KRUPUK TENGIRI DAN UDANG “ECHO“ JEPARA

Main Author: SUSANTI, INDAH
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2009
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/916/1/COVER%20SKRIPSI.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/916/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/916/3/SKRIPSI%20BAB%20IV%2CV.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/916/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Meningkatkan kualitas produk merupakan suatu kegiatan yang sangat perlu dilakukan oleh setiap kegiatan produksi. Hal ini disebabkan karena kualitas atau mutu barang hasil produksi perusahaan itu adalah cermin keberhasilan perusahaan dimata masyarakat atau konsumen. Perusahaan krupuk tengiri dan udang “ECHO” Jepara adalah salah satu perusahaan krupuk yang adadi Jepara yang bergerak dalam bidang makanan ringan. Peningkatan kualitas produk yang ditunjang dengan rasa yang baik serta penetapan harga yang sesuai terhadap produk yang dihasilkan pada akhirnya akan berpengaruh pada laba perusahaan dan mengakibatkan volume penjualan perusahaan akan meningkat. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh harga, kualitas produk dan rasa terhadap kepuasan konsumen pada perusahaan krupuk tengiri dan udang “ECHO“ Jepara secara parsial. Variabel manakah diantara harga, kualitas produk dan rasa yang punya pengaruh paling besar terhadap kepuasan konsumen pada perusahaan krupuk tengiri dan udang “ECHO“ Jepara secara berganda. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalahvariabel independen yaitu harga, kualitas produk, rasa, dan variabel dependen yaitu kepuasan konsumen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling yaitu sebanyak 96 responden, metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Untuk metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi secara parsial dan berganda, pengujian hipotesis dengan uji t, uji f dan koefisien determinasi. Hasil analisis regresi dalam penelitian ini diperoleh persamaan Y=0,226X1 + 0,490X2 + 0,300X3 yang menyebutkan bahwa terdapat pengaruh antara harga, kualitas produk dan rasa terhadap kepuasan konsumen pada perusahaan krupuk tengiri dan udang ECHO Jepara. Nilai koefisien regresi variabel harga (X1) adalah sebesar 0,226, sedangkan variabel kualitas produk (X2) mempunyai pengaruh paling besar,yaitu sebesar 0,490, dan variabel rasa (X3) sebesar 0,300. Ketiga variabel tersebut memberikan kontribusi pengaruh terhadap kepuasan konsumen pada perusahaan krupuk tengiri dan udang ECHO Jepara adalah sebesar 72,7 %. Berarti masih ada variabel diluar penelitian yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada perusahaan krupuk tengiri dan udang ECHO Jepara.