ANALISIS PENGARUH MOTIVASI KERJA, TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGAWASAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA BAPPEDA KABUPATEN JEPARA
Main Author: | ELIA, ELIF |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/909/1/COVER.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/909/2/BAB%20I.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/909/3/BAB%202.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/909/4/BAB%20b.3..pdf http://eprints.unisnu.ac.id/909/5/BAB%204.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/909/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Keberhasilan atau kegagalan suatu organisasi sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya. Sehingga motivasi kerja, tingkat pendidikan dan pengawasan harus diperhatikan untuk meningkatkan produktivitas kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja, tingkat pendidikan dna pengawasan terhadap produktivitas kerja pegawai pada Bappeda Kabupaten Jepara. Dalam penelitian ini penulis mengambil data dengan menggunakan metode kuesioner dan mengambil sample sebanyak 52 responden dan diolah dengan bantuan program SPSS dan dianalisis dengan menggunakan uji Validitas, reliabilitas, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Dari perhitungan yang telah dilakukan dengan analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y= -7.290+ 0,468 X 1 + 0.281X 2 + 0.597X 3 . Koefisien determinasi yang diperoleh dengan menggunakan program SPSS adalah sebesar 42,2% dan hasil pengujian untuk uji t variable motivasi kerja diperoleh t hitung > ttabel (4.098 > 1,6772) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Untuk variable tingkat pendidikan diperoleh thitung > ttabel (3.453 > 1,6772) dan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. dan untuk variable pengawasan diperoleh thitung > ttabel (4.595 > 1,6772) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha terbukti kebenarannya. Dari perhitungan regresi diperoleh Fhitung> Ftabel (13.410 > 2,79) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 jauh lebih kecil dari tingkat signifikansi α=0,05 sehingga disimpulkan bahwa variable motivasi kerja, tingkat pendidikan dna pengawasan secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja atau dengan kata lain Ho ditolak dan Ha diterima.