ANALISIS PENGARUH PELAYANAN, LOKASI, DAN KETERSEDIAAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBELI SOLAR DI SPBN UJUNGBATU JEPARA

Main Author: SUROSO, ALI
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2009
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/903/1/HALAMAN%20COVER.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/903/2/SKRIPSI.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/903/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Kini usaha di bidang bahan bakar semakin banyak, setelah kondisi permebelan di Jepara banyak yang bangkrut. Bisa dilihat banyak bermunculan SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) yang ada di Jepara, hal ini tidak menuntut kemungkinan akan terjadi persaingan yang ketat untuk merebutkan konsumen. Masyarakat dalam membeli solar biasanya dipengaruhi oleh pelayanan, lokasi, dan ketersediaan solar. Pelayanan yang baik pada SPBN sangat diharapkan oleh nelayan, lokasi SPBN yang dekat juga sangat diharapkan oleh nelayan, dan tersedianya solar pasti juga diharapkan oleh nelayan. Dengan memperhatikan uraian tersebut, skripsi ini mengambil judul : “ANALISIS PENGARUH PELAYANAN, LOKASI, DAN KETERSEDIAAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBELI SOLAR DI SPBN UJUNGBATU JEPARA”. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh pelayanan, lokasi, dan ketersediaan produk terhadap keputusan konsumen untuk membeli solar di SPBN Ujungbatu Jepara. Sampel dari populasi sebanyak 96 orang atau pembeli solar pada SPBN Ujungbatu Jepara. Teknik analisis yang digunakan regresi berganda, koefisien determinasi, pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F. Analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = -3,988 + 0,167X 1 + 0,316X 2 + 0,573X3, berarti bahwa variabel pelayanan (X1), variabel lokasi (X2) dan variabel ketersediaan produk (solar) berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen untuk membeli (Y) solar pada SPBN Ujung Batu Jepara. Hasil analisis koefisien determinasi ditunjukkan bahwa variabel pelayanan, lokasi, dan ketersediaan produk secara bersama-sama mempengaruhi perubahan keputusan konsumen untuk membeli solar sebesar 67,6%, dan sebesar 32,4% dipengaruhi oleh faktor lain, misalnya harga. Hasil perhitunganuji t untuk pelayanan didapat nilai t hitung= 2,246 > t tabel = 1,658 dan nilai signifikan 0,027 < 0,05. Uji t untuk lokasi didapat t hitung = 4,192 > t tabel = 1,658 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Uji t untuk ketersediaan produk didapat t hitung = 5,699 > t tabel = 1,658 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Jadi secara individu variabel pelayanan, lokasi, dan ketersediaan produk mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan konsumen untuk membeli solar di SPBN Ujungbatu Jepara. Hasiluji F didapat nilai F hitung = 63,941 > F tabel = 2,68 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Jadi variabel pelayanan, lokasi, dan ketersediaan produk secara bersamaan mempunyai pengaruh terhadap keputusan konsumen untuk membeli solar di SPBN Ujungbatu Jepara. Saran yang disampaikan yaitu sebaiknya pihak SPBN Jepara memberikan pelayanan yang lebih baik, lokasi sebaiknya diperluas, dan diusahakan jangan sampai terjadi keterlambatan solar.