ANALISIS PENGARUH FASILITAS, HIBURAN DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI MUSEUM RA. KARTINI JEPARA
Main Author: | SRIYATI, SRIYATI |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/879/2/COVER.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/879/1/BAB%20I-V.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/879/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Museum RA. Kartini Jepara merupakan aset daerah yang perlu diperhatikan perkembangannya. Sepinya pengunjung sangat dipengaruhi oleh kepuasan pengunjung. Kepuasan pengunjung sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti fasilitas, hiburan, dan pelayanan. Dalam usaha untuk mengetahui kepuasan pengunjung, akan diteliti tentang : ANALISIS PENGARUH FASILITAS, HIBURAN DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI MUSEUM RA. KARTINI JEPARA. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh fasilitas, hiburan, dan pelayanan secara individu dan bersama terhadap kepuasan pengunjung. Populasi dalam penelitian adalah jumlah pengunjung sampai tahun 2007 sebanyak 12.700 orang. Pengambilan sampel ditentukan dengan simple random sampling yaitu sebanyak 100 responden. Alat analisis yang digunakan meliputi : analisis regresi linier berganda, korelasi berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil analisis regresi berganda yaitu Y = 1,242 + 0,197X 1 + 0,530X 2 + 0,180X 3 , ditunjukkan bahwa nilai regresi dari ketiga variabel independen (fasilitas (X 1), hiburan (X 2) dan pelayanan (X 3 )) mempunyai pengaruh positif terhadap variabel dependen (kepuasan pengunjung (Y)) di Museum RA. Kartini Jepara. Berarti setiap ada peningkatan pada fasilitas, hiburan, dan pelayanan akan mempengaruhi meningkatnya kepuasan pengunjung di Museum RA. Kartini. Nilai korelasi sebesar 0,714 berarti variabel fasilitas, hiburan, dan pelayanan secara bersama-sama mempunyai hubungan yang kuat terhadap kepuasan pengunjung. Nilai koefisien determinasi sebesar 51%, berarti ketiga variabel independen tersebut mempengaruhi perubahan kepuasanpengunjung di Museum RA. Kartini Jepara sebesar 51%. Uji t untuk fasilitas didapat nilai t hitung (2,051) > t tabel (1,980), jadi terbukti ada pengaruh positif antarafasilitas terhadap kepuasan pengunjung. Uji t untuk hiburan didapat nilai t hitung (7,714) > t tabel (1,980), jadi terbukti ada pengaruh positif antara hiburan fasilitas terhadap kepuasan pengunjung. Uji hipotesis t untuk pelayanan di dapat nilai t hitung (2,657) > t tabel (1,980), terbukti ada pengaruh positif antara pelayanan terhadap kepuasan pengunjung. Diketahui nilai F hitung (33,300) > F tabel (2,68).Karena F hitung > F tabel berarti variabel fasilitas, hiburan, dan pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap variabel kepuasan pengunjung pada Museum RA. Kartini.