ANALISIS PENGARUH MEREK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA VARIO (Studi Kasus Mahasiswa STIENU Jepara)

Main Author: A’ISYATUZZAHROK, NURUL
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2008
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/850/1/JUDUL.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/850/2/BAB%201-5.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/850/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Mahasiswa STIENU Jepara sebagai makhuk konsumtif harus pandaipandai dalam memilih diantara berbagai alternatif produk yang sangat bervariatif dan inovatif. Salah satunya adalah produk sepeda motor matic yang menawarkan kemudahan dalam pemakiannya. Dalam penelitian ini penulis mengambil judul “Analisis Pengaruh antara Merek dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario” dengan studi kasus Mahasiswa STIENU Jepara. Populasi pada penelitian ini meliputi semua Mahasiswa STIENU Jepara angkatan 2004-2007 yang berjumlah 337. Dengan pengambilan sampel 77 responden. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan wawancara dan angket atau kuesioner. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda, koefisisien determinasi, uji t dan uji F. Pengolahan data dengan menggunakan SPSS 11.00 diperoleh hasil regresi berganda Y = 5.130 + 0.341 X1 + 0.102 X2 dan koefisien determinasi (R 2 ) = 0.125,untuk uji t variabel merek t hitung >ttabel (2.796>1.671) dengan signifikansi 0,007<0,05 yang berarti siginifikan atau terbukti. Sedangkan uji t variabel desain produk t hitung <ttabel (1.025<1.671) dengan signifikansi sebesar 0,309>0,05 yang berarti tidak signifikan atau tidak terbukti. Uji F (simultan) diperoleh hasil Fhitung>Ftabel (5.265>3.15). Nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,007<0,05 yang berarti secara bersama-sama perpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian atau terbukti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Desain Produk secara simultan berpengaruh signifikan, Sedangkan variabel merek secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Vario. Dengan demikian, selain mempertimbangkan faktor-faktor lain produsen Sepeda Motor Honda Vario dalam menyusun strategi pemasaran disarankan tetap mempertimbangkan pentingnya merek dan desain produk agar tetap diminati oleh konsumen.