PERAN KETELADANAN DAN KEDISIPLINAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL HUDA JLEPER MIJEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: ROHMAN, ABDUL
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/837/1/131310001386%20Abdul%20Rohman%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/837/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Abdul Rohman, 131310001386. Peran Keteladanan dan Kedisiplinan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Jleper Mijen Demak Tahun Pelajaran 2014/2015, Pembimbing Drs. Maswan, MM Kata Kunci: Keteladanan, Kedisiplinan Guru, Motivasi Belajar, Aqidah Akhlak Kedisiplinan seorang guru dalam mengajar diharapkan dapat memotivasi peserta didik untuk selalu aktif dan berminat dalam belajar serta tugas-tugasnya sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yang suatu saat akan menggantikan generasi tua dalam segala bidang. Dengan demikian agar siswa belajarnya lebih maju, maka siswa harus disiplin di dalam belajar baik di sekolah,di rumah dan di perpustakaan. Agar siswa disiplin haruslah guru beserta staf lainnya membiasakan bersikap disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana peran keteladanan dan kedisiplinan guru dalam meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Jleper Mijen Demak Tahun Pelajaran 2014/2015. 2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam peran keteladanan dan kedisiplinan guru dalam meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Jleper Mijen Demak Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang mempunyai karakteristik bahwa datanya dinyatakan dalam keadaan sewajarnya atau sebagaimana adanya (natural setting), dengan tidak mengubah bentuk simbol atau angka dan bersifat deskriptif yang didasarkan pada pertanyaan bagaimana. Dan teknik pengolahan datanya adalah dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa (1) Peran keteladanan dan kedisiplinan guru dalam meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Jleper Mijen Demak sangat efektif dalam membentuk kepribadian siswa. Keteladanan guru Aqidah Akhlak yang mencerminkan akhlakul karimah akan dilihat, diamati dan dicontoh oleh siswa sehingga mengakar kuat dalam diri siswa dan menjadi perilaku/kebiasaan sehari-hari yang akhirnya dapat membentuk kepribadian siswa. Keteladanan guru Aqidah Akhlak berlangsung di kelas maupun di luar kelas. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam peran keteladanan dan kedisiplinan guru dalam meningkatkan motivasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Jleper Mijen Demak adalah: suasana lingkungan belajar yang kondusif/nyaman, sarana pembelajaran yang memadai/menunjang, dan peran serta orang tua dalam pendidikan anak. Kemudian faktor penghambatnya adalah minimnya waktu mengajar/jumlah tatap muka dengan siswa dan perbedaan karakter siswa.