ANALISIS BREAK EVEN POINT SEBAGAI ALATBANTUPERENCANAAN LABA PADA PERUSAHAAN KECAP“SB” (SARI BAKHTI)JEPARA
Main Author: | HIDAYATULLAH, NOR |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/816/1/COVER%20SKRIPSI.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/816/2/BAB%20I.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/816/3/BAB%20III.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/816/4/BAB%20IV.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/816/5/BAB%20V.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/816/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Berdasarkan latarbelakang pemilihan judul, penyusun berpendapat bahwa setiap perusahaan bertujuanuntuk memperoleh keuntungan. Oleh karena itu untuk memperoleh keuntungan sebuah perusahaan harus memilki strategi dalam menjalankanperusahaan. Manajer memiliki peranan penting dalam mengambil setiapkeputusan dalam kegiatan perusahaan, khususnya dalam perencanaan laba baik laba jangka pendek maupun laba jangka panjang. Perencanaan laba dapat dihitung dengan salah satu analisis yaitu, analisis break even point. Analisis break even pointmenggambarkantitik dimana perusahaan tidak mengalami kerugian dan tidak mengalami untung. Sehingga titik tersebut akan digunakan manajemen untuk merencanakan penjualan. Perencanaan penjualan akan digunakan menentukan laba yang diinginkan perusahaan.Berdasarkan latarbelakang diatas, penulis merumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu : Berapa penjualan yang harus dipertahankan perusahaan kecap enak SB “Sari Bhakti” Jepara agar perusahaan tidak rugi dan tidak laba dan Berapa penjualan minimal yang harus dicapai perusahaan kecap enak SB “Sari Bhakti” Jepara pada laba yang direncanakanberada pada titik break even pada tahun 2011 sampai tahun 2014.penerapan analisis break even pointsebagai alat bantu perencanaan laba pada perusahaan kecapenak “SB”Sari Bakhti Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan analisis break even pointpada perusahaan kecap Sari Bakhti Jepara dari periode tahun 2011 sampai tahun 2014. Metode penelitian skripsi ini menggunakan metode kuantitatifdeskriptif, dimana data yang diperoleh berupa dari data sekuder, dengan mengumpulkan data internal perusahaan untuk dianalisis dengan pendekatan matematis dalam analisis break even pointdalam unit maupun dalam rupiah. Dari analisis yang telah dilakukan, penulis menganalisisdata dari realisasi penjualan tahun 2010 sampai 2013dan anggaran penjualantahun 2011 sampai 2014. Berdasarkan perhitungan tahun 2011 diperoleh break even point dalam unit sebesar 24.237 dan dalam rupiah sebesar Rp. 169.661.698. Tahun 2012 diperoleh break even point dalam unit sebesar 21.905 dan dalam rupiah sebesar Rp. 175.242. Tahun 2013 diperoleh break even point dalam unit sebesar 24.952 dan dalam rupiah sebesar Rp. 199.618.570 dan pada tahun 2014 diperoleh break even point dalam unit sebesar 21.376 dan dalam rupiah sebesar Rp. 192.379.568. dengan volume penjualan kecap sebesar 20.932 dengan asumsi laba sama dengan nol