ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KOPERASI PONDOK PESANTREN “AL BAROKAH” HASYIM ASY’ARI KECAMATAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA
Main Author: | ANAS, HERI KHOIRUL |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/813/1/Cover.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/813/2/BAB%20I-5%20OK.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/813/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Salah satu aspek yang perlu diperhatikan oleh manajer koperasi pondok pesantren (Koppontren) adalah bagaimana penerapan strategi pemasaran yang tepat agar produk yang dipasarkan mampu memenuhi target sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Pemasaran merupakan salah satu yang harus dilakukan oleh manajer maupun anggota koperasi pondok pesantren (Koppontren) untuk mempertahankan eksistensinya dan mengembangkan usaha dalam upaya untuk mendapatkan keuntungan atau laba. Keuntungan atau laba merupakan tujuan utama dalam menjalankan suatu usaha, oleh karena itu koperasi pondok pesantren (Koppontren) akan selalu berusaha untuk memaksimalkan usaha yang dilakukan oleh koperasi pondok pesantren (Koppontren) “AL BAROKAH” Hasyim Asy ‘ari Bangsri. Berdasarkan uraian tersebut, peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul “ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KOPERASI PONDOK PESANTREN “AL BAROKAH” HASYIM ASY’ARI KECAMATAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA”. Tujuan penelitian untuk menganalisis setrategi pemasaran yang dilakukan Koppontren “AL BAROKAH” Hasyim Asy’ari Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, karena penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri (independent) baik satu variabel atau lebih tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel yang lain. Alat analisis dengan cara pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Setrategi pemasaran Koppontren “AL BAROKAH” Hasyim Asy’ari Bangsri Kabupaten Jepara, dapat dideskripsikan bahwa berdasarkan PLC Koppontren “AL-BAROKAH” pada fase decline, dikarenakan penjualan mengalami penurunan, sehingga profit juga akan semakin menurun. Penurunan penjualan ini disebabkan oleh beberapa hal, yaitu karena banyaknya minimarket yang berdiri (Indomart, Alfamart, dan lainnya), menurunnya industri mebel (sebagai sumber utama ekonomi masyarakat Jepara), dan perubahan selera konsumen. Untuk menhadapi kondisi pasar yang seperti itu, Koppontren “ALBAROKAH” menggunakan strategi market nicher, karena melayani sebagaian pasar yang diabaikan perusahaan besar dan menghindari bentrok dengan perusahaan besar, serta melayani satu wilayah khusus saja yaitu di wilayah Koppontren “AL-BAROKAH” Bangsri Jepara. Dengan memperhatikan beberapa aspek pemasaran yang diterapkan oleh Koppontren “ALBAROKAH”, diharapkan konsumen akan merasa puas dan melakukan pembelian ulang.