ANALISIS PENGARUH PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN NASABAH MENABUNG PADA PD. BPR JEPARA ARTHA KABUPATEN JEPARA

Main Author: HANDAYANI, DWI YEKTI
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2008
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/808/1/Depan.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/808/2/Skripsi%201-5.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/808/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Perkembangan fisik yang tampak terhadap PD. BPR Jepara Artha adalah dengan adanya gedung perkantoran yang ditempati untuk melayani nasabah dan ditambahnya fasilitas operasional, yang kesemuanya guna menunjang pelayanan terhadap nasabah. Selain itu, pembangunan non fisikjyga berjalan selaras dengan pembangunan fisik yaitu berupa peningkatan sumber daya manusia baik secra kualitas maupun kuantitas, seperti menyangkut pelayanan. Dalam usaha untuk mengetahui kepuasan nasabah, akan diteliti tentang : ANALISIS PENGARUH PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN NASABAH MENABUNG PADA PD. BPR JEPARA ARTHA KABUPATEN JEPARA. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh pelayanan dan fasilitas secara individu dan bersama terhadap kepuasan nasabah. Populasi dalam penelitian adalah jumlah nasabah sampai tahun 2007 sebanyak 7.509 orang. Pengambilan sampel ditentukan dengan accidental sampling yaitu sebanyak 90 responden. Alat analisis yang digunakan meliputi : analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil analisis regresi berganda yaitu Y = 2,404 + 0,346X 1 + 0,268X 2 , ditunjukkan bahwa nilai regresi dari kedua variabelindependen (pelayanan (X1) dan fasilitas (X 2 )) mempunyai pengaruh positif terhadap variabel dependen (kepuasan nasabah (Y)) pada PD. BPR Jepara Artha. Berarti setiap ada peningkatan pada pelayanan dan fasilitas akan mempengaruhi meningkatnya kepuasan nasabah pada PD. BPR Jepara Artha. Nilai koefisien determinasi sebesar 25,8%, berarti kedua variabel independen tersebut mempengaruhi perubahan kepuasan nasabah pada PD. BPR Jepara Artha sebesar 25,8%. Uji hipotesis t untuk pelayanan di dapat nilai t hitung (3,496) > t tabel (1,671), terbukti ada pengaruh positif antara pelayanan terhadap kepuasan nasabah. Uji t untuk fasilitas didapat nilai t hitung (2,713) > t tabel (1,671), jadi terbukti ada pengaruh positif antara fasilitas terhadap kepuasan nasabah.Diketahui nilai Fhitung (15,163) > F tabel (3,15). Karena F hitung > F tabel berarti variabel pelayanan dan fasilitas secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap variabel kepuasan nasabah pada PD. BPR Jepara Artha.