STUDI ANALISIS PEMIKIRAN SYEKH ZAINUDDIN BIN ALI AL MALIBARI TENTANG PENDIDIKAN K ARAKTER DALAM KITAB HIDAYATUL ADZ KIYA’ DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM
Main Author: | SAEFUDIN, SAEFUDIN |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/804/1/131310001225%20SAIFUDIN%20%28Upload%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/804/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Saefudin (NIM 1 31310001225) Studi Analisis Pemikiran Syekh Zainuddin Bin Ali Al Malibari Tentang Pendidikan Karakter Dalam Kitab Hidayatul Ad zkiya’ Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam : Program Strata 1 Prodi Pendidikan Agama Islam UNISNU Jepara, 2015. Peneli tian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Konsep pendidikan Karakter Menurut Syekh Zainuddin bin Ali Al -Malibari; (2) Nilai -nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Hidayatul A dzkiya’; (3) Relevansi pendidikan karakter tersebut dengan pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode Library Research , yaitu penelitian yang dilakukan di perpustakaan yang objek penelitiannya dicari lewat beragam informasi kepustakaan (buku, ensiklopedi, jurnal ilmiah, koran, majalah, dokumen) dan lain sebagainya. Penelitian ini dalam konsep Pemikiran Syekh Zainuddin Bin Ali Al Malibari Tentang Pendidikan Karakter Dalam Kitab Hidayatul Adkiya’ Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam . Hasil penelitian: (1) Konsep pendidikan karakter Syekh Zainuddin bin Ali Al -Ma libari ada lah pe ndidikan nilai, yakni pe ndidi ka n nilai-nilai luhur yang bersumb er d ari Al Qur’an dan Hadits da lam rangka pe mb ina an ke pr ibadi an generasi penerus ; (2) Nilai -nilai pendidikan karakter yang terdapat didalam Kitab Hidayatul A dzkiya’ adalah Nilai taqwa/religius ,Nilai ikhlas dan jujur, Nilai Disiplin, Nilai rasa ingin tahu, Nilai komunikatif dan bersahabat, Nilai Rajin membaca; (3) Relevansi Pendidi ka n ka rakter dalam pandangan Syekh Zainuddin bin Ali Al- Malibari dalam kitab Hidayatul Adzki ya’ mengacu pa da moral know ing (pengetah uan moral), moral feeling (m erasakan mor al) da n moral ac ting (tind aka n mor al) d engan pendidi ka n Islam yaitu tujuan pe ndidi ka n yang men cakup t iga aspek ja smani, roha ni dan akal, yang mana tu jua n dimensi pe ndid ika n tersebut, fisik, ruh da n aka l ini men egaskan ba hwa kebutuhan da sar yang beraka r pa da fitr ah manusia mesti mend apatkan perhatian pe nuh. Ol eh karena itu da lam teor i p endidi ka n be na r ba hw asann ya tida k boleh mengabaika n salah satu da ri k etiga aspek yaitu kog nitif, afe ktif da n psiko motor ik yang mema ng men ghasilka n pe ndidi ka n ke tiga di mensi. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, untuk menambah khazanah keilmuan tarbiyah dan meningkatkan ketajaman analisis tentan g Syekh Zainuddin bin Ali Al- Malibari dalam kitab Hidayatul A dzkiya Mendorong, sehingga dapat mendalami konsep pendidikan karakter dalam pendidikan Islam. Kata Kunci: Pendidikan K arakter dan Pendidikan I slam