PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAQ SISWA KELAS VI MI MATHOLI’UL HUDA 02 DAMARWULAN KELING JEPARA TAHUN PELAJARAN 201 4 /201 5

Main Author: SUDARTI, SUDARTI
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/760/1/131310001340%20Sudarti%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/760/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • P embelajaran kontekstual merupakan salah satu strategi yang ada dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bagi guru - guru khususnya guru aqidah akhlak penguasaan terhadap metode pembelajaran kontekstual sangatlah diperlukan guna memperbaiki dan memperbarui metode pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan dan perkembangan jaman, sehingga penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran kontekstual mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Matholi’ul Huda 02 Damarwulan. Dengan menggunakan pemb elajaran kontekstual diharapkan dapat membantu guru dalam menanamkan nilai - nilai aqidah dan akhlak . Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui metode pembelajar an kontekstual siswa kelas VI MI Matholi’ul Huda 02 Damarwulan . 2). Untuk mengetahui hasil belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlaq siswa kelas VI MI Matholi’ul Huda 02 Damarwulan . 3). Untuk mengetahui penerapan metode pembelajarn kontekstual dalam m eningkatan hasil belajar Aqidah Akhlaq siswa kelas VI MI Matholi’ul Huda 02 Damarwulan Adapun yang menjadi subyek penelitian dalam skripsi ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Urusan Kurikulum guru mata pelajaran aqidah akhlak dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual mata pelajaran aqidah akhlak kelas VI Mi Matholi’ul Huda 02 Damarwulan sudah berjalan dengan baik. Pelaksanaannya tidak lepas dari peran serta segenap guru dan tenaga pendidikan yang selalu mendukung dan memperlancar aktivitas kegiatan belajar mengajar Kesimpulan yang diambil bahwa pelaksanaan pembelajaran kontekstual mata pelajaran aqidah akhlak kelas VI MI Matholi’ul Huda 02 Damarwulan Hasil belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhla q siswa kelas VI MI Matholi’ul Huda 02 Damarwulan Keling Jepara adalah sangat baik, hal ini di buktikan dengan berbagai data, diantaranya adalah hasil nilai belajar Aqidah Akhlaq kelas VI baik ulangan harian maupun nilai semester setelah diterapkan metod e pembelajaran kontekstual semakin lebih baik dari pada sebelunnya . Kata Kunci : Metode Pembelajaran Kontekstual, Aqidah Akhlak. Pemahaman terhadap metode pembelajaran merupakan salah satu persyaratan bagi seorang tenaga pendidik yang professional.