STUDI ANALISIS TENTANG PEMBELAJARAN PARTISIPATIF PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS XI MA SA PP. ROUDLOTUT THOLIBIN BANDUNGHARJO DONOROJO JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: FAIZIN, MUHAMMAD
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/754/1/131310001318%20M.%20Faizin%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/754/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • M. FAIZIN (NIM : 211371) Studi Analisis Tenta ng Pembelajaran Partisipatif Pada mata pelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas XI MA SA PP Roudlotut Tholibin Bandungharjo Donorojo Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui : 1 ) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Partisipatif Guru Mapel Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Kemampuan berfikir Kreatif Siswa agar tercapai sebuah Keberhasilan belajar Di kelas XI MA SA PP Roudlotut Tholibin Bandungharjo. 2) Bagaimanakah Kreatifitas Siswa K elas XI MA SA PP Roudlotut Tholibin bandungharjo dalam Meningkatkan K emampuan Berfikir Kreatif . 3) Faktor – Faktor Keberhasilan pembelajaran Partisipatif pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatkan kemampuan Berfikir kreatif Siswa kelas XI MA SA P P Roudlotut Tholibin Bandungharjo Tahun Pelajaran 2014/2015 Penelitian ini berdasarkan field Research di MA SA PP Roudlotut Tholibin bandungharjo maka metode yang peneliti pakai adalah metode Observasi , Interview , Dokumentasi. Dengan teknik a nalisis desk riptif kualitatif . data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Partisipatif pada mata pelajaran akidah akhlak dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa kel as XI MA SA PP Roudlotut Tholibin Bandungharjo cukup berhasil hal ini dapat dilihat dengan peningkatan keaktifan peserta didik diantaranya adalah siswa bebas mencurahkan ide, gagasan dan pendapat sehingga muncullah kreatifitas siswa, yang mulanya hanya men dengarkan ceramah dan keterangan saja sekarang dapat mengaktualisasikan diri . Dengan menggunakan strategi yang tep at , pendidik dapat men getahui dan mengeksplorasi kemampuan peserta didik . Berdasarkan hasil penelitian penelitian ini diharapkan akan menja di bahan acuan bahwa melalui pembelajaran partisipatif dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa pada mata pelajaran akidah akhlak dapat berkembang baik.