PENGARUH KEGIATAN TADARUS AL - QUR’AN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL - QUR’AN SISWA DI MI. RAUDLATUT THALIBIN JAMBU TIMUR MLONGGO JEPARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Author: CAHYANI, MEGA RIZKIA
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2015
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/740/1/131310001014%20Mega%20Rizkia%20Cahyani%20%28Upload%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/740/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Mega Riz kia Cahyani (NIM. 131310001014 ) . Pengaruh kegiatan tadarus Al - Qur’an terhadap peningkatan kemampuan membaca Al - Qur’an bagi siswa di MI. Raudlatut Thalibin Jambu Timur Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2013/2014 : Program Strata I Jurusan Pendidikan Agama Islam UNISNU Jepara, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Untuk mengetahui kegiatan tadarus Al - Qur’an di MI. Raudlatut Thalibin Jambu Timur Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2013/2014 . 2). Untuk mengetahui kemampuan membaca Al - Qur’an siswa di MI. Raudlatut Thalibin Jambu Timur Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2013/2014 . 3). Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kegiatan tadarus Al - Qur’an terhadap peningkatan kemampuan membaca Al - Qur’an bagi siswa di MI. Raudlatut Thalibin Jambu Timur Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2013/2014 . Penelitian ini menggunakan pendekatan kua nt itatif dengan menggunakan metode survei dengan teknik korelasional. Subjek penelitian sebanyak 36 responden yang diambil secara acak dari jumlah populasi seba nyak 1 11 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner/angket untuk menjaring data X dan tes untuk mengetahui data Y. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi satu prediktor dengan skor deviasi . Penguji an hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi linier. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1). Kegiatan tadarus Al - Qur’an yang dimiliki oleh siswa MI. Raudlatut Thalibin Jambu Timur Mlonggo Jepara termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini dapat diketahui dari nilai rata – rata (mean) sebesar 42,2. yang masuk dalam lebar interval 42 – 56 dengan kualifik asi tinggi. 2). Kemampuan membaca Al - Qur’an siswa MI. Raudlatut Thalibin Jambu Timur Mlonggo Jepara juga termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata - rata siswa adalah 73,1 yaitu pada interval 61 - 80 dengan kualifikasi baik. 3). Anal isis yang dilakukan dengan analisis regresi satu prediktor, diperoleh harga Freg = 19,53859672, sedangkan nilai pada tabel (Ft), pada taraf signifikansi 5 % diperoleh 4,13 dan pada taraf signifikansi 1 %, diperoleh 7,44. Dengan demikian Freg = 19,53859672 > Ftabel, sehingga hasilnya signifikan. Koefisien determinasinya adalah r2xy = 0,365 = 36,5%. Ini berarti bahwa sebesar 36,5% variasi kemampuan membaca Al - Qur’an (Y) dapat dijelaskan oleh kegiatan tadarus Al - Qur’an siswa. Dengan kata lain bahwa hipotesis penulis terdapat pengaruh antara kegiatan tadarus Al - Qur’an dengan kemampuan membaca Al - Qur’an diterima . Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi semua pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan terutama guru dal am m eningkatan kemampuan membaca Al - Qur’an bagi siswa di MI. Raudlatut Thalibin Jambu Timur Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2013/2014 . Karena bagaimanapun juga mengajar tidak cukup hanya menyampaikan teori dan materi pelajaran saja, tetapi juga mentransfer nilai dan menyadarkan peserta didik terhadap apa isi materi yang diajarkan sehingga peserta didik dapat menerapkannya dalam kehidupan keseharian mereka.