ANALISIS BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKUR KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus pada CV. Aulia Jati Indofurni)

Main Author: SHOLAHUDDIN, MUHAMMAD
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/722/1/COVER%20DAN%20DAFTAR%20ISI%20shola.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/722/2/isi%20skripsi.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/722/
http://unisnu.ac.id
ctrlnum 722
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unisnu.ac.id/722/</relation><title>ANALISIS BALANCED SCORECARD SEBAGAI &#xD; ALAT PENGUKUR KINERJA PERUSAHAAN&#xD; (Studi Kasus pada CV. Aulia Jati Indofurni)</title><creator>SHOLAHUDDIN, MUHAMMAD</creator><subject>HB Economic Theory</subject><description>Perusahaan CV. Aulia Jati Indofurni merupakan perusahaan yang bergerak &#xD; dalam bidang meubel eksport dengan bahan baku kayu Jati. Produk dari perusahaan &#xD; ini berupa garden furniture dan indoor furniture. Pengukuran kinerja merupakan suatu &#xD; hal penting bagi sebuah unit bisnis. Ini dikarenakan pengukuran kinerja dapat &#xD; digunakan untuk menilai Keberhasilan suatu perusahaan. Selain itu juga dapat &#xD; dipergunakan untuk melakukan penyusunan strategi-strategi bisnis yang cocok dan &#xD; dapat dijadikan sebagai dasar dalam penyususnan sistem imbalan. Selama ini &#xD; pengukuran kinerja yang sering digunakan adalah pengukuran kinerja yang hanya &#xD; mengukur kinerja keuangan, tidak dapat menggambarkan kinerja perusahaan secara &#xD; keseluruan. Pengukuran kinerja keuangan hanya menilai kinerja untuk jangka pendek &#xD; dan tidak memperhitungkan harta-harta tak nampak yang dimiliki oleh perusahaan. &#xD; Dengan adanya kekurangan tersebut, maka diciptakan suatu metode pengukuran &#xD; kinerja yang mempertimbangkan aspek keuangan dan non-keuangan yang dikenal &#xD; dengan istilah Balanced Scarecard. Pengukuran kinerja Balanced Scorecard &#xD; menyangkut empat perspektif yaitu : Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, &#xD; Perspektif Proses Bisnis Internal dan Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan.&#xD; Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan CV. Aulia Jati Indofurni &#xD; sebanyak 89 karyawan selanjutnya diambil 47 sampel sebagai responden. Sedangkan &#xD; untuk responden pelanggan ditetapkan sebanyak 35 pelanggan selanjutnya diambil 25 &#xD; sampel sebagai responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data &#xD; primer dan data sekunder.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan dapat &#xD; disimpulkan : 1) pengukuran berdasarkan perspektif keuangan secara umum &#xD; mengalami peningkatan yang cukup baik akan tetapi hanya pada Margin Laba operasi &#xD; belum sesuai dengan apa yang ditargetkan oleh perusahaan. 2) Pengukuran &#xD; berdasarkan Perspektif pelanggan secara keseluruhan dapat dikatakan baik karena &#xD; perusahaan mengalami peningkatan jumlah pelanggan tiap tahun, akan tetapi pada &#xD; retensi pelanggan dikatakan buruk. 3) pengukuran berdasarkan perspektif proses &#xD; bisnis internal dapat dikatakan cukup baik. 4) pengukuran berdasarkan perspektif &#xD; pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan bahwa produktivitas karyawan dan &#xD; kepuasan karyawan dapat &#xD; dikategorikan buruk.</description><publisher>Unisnu</publisher><date>2014-01-02</date><type>Other:Other</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/722/1/COVER%20DAN%20DAFTAR%20ISI%20shola.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://eprints.unisnu.ac.id/722/2/isi%20skripsi.pdf</identifier><identifier> SHOLAHUDDIN, MUHAMMAD (2014) ANALISIS BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKUR KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus pada CV. Aulia Jati Indofurni). Unisnu, Jepara. </identifier><relation>http://unisnu.ac.id</relation><recordID>722</recordID></dc>
language ind
format Other:Other
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SHOLAHUDDIN, MUHAMMAD
title ANALISIS BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKUR KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus pada CV. Aulia Jati Indofurni)
publisher Unisnu
publishDate 2014
topic HB Economic Theory
url http://eprints.unisnu.ac.id/722/1/COVER%20DAN%20DAFTAR%20ISI%20shola.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/722/2/isi%20skripsi.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/722/
http://unisnu.ac.id
contents Perusahaan CV. Aulia Jati Indofurni merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang meubel eksport dengan bahan baku kayu Jati. Produk dari perusahaan ini berupa garden furniture dan indoor furniture. Pengukuran kinerja merupakan suatu hal penting bagi sebuah unit bisnis. Ini dikarenakan pengukuran kinerja dapat digunakan untuk menilai Keberhasilan suatu perusahaan. Selain itu juga dapat dipergunakan untuk melakukan penyusunan strategi-strategi bisnis yang cocok dan dapat dijadikan sebagai dasar dalam penyususnan sistem imbalan. Selama ini pengukuran kinerja yang sering digunakan adalah pengukuran kinerja yang hanya mengukur kinerja keuangan, tidak dapat menggambarkan kinerja perusahaan secara keseluruan. Pengukuran kinerja keuangan hanya menilai kinerja untuk jangka pendek dan tidak memperhitungkan harta-harta tak nampak yang dimiliki oleh perusahaan. Dengan adanya kekurangan tersebut, maka diciptakan suatu metode pengukuran kinerja yang mempertimbangkan aspek keuangan dan non-keuangan yang dikenal dengan istilah Balanced Scarecard. Pengukuran kinerja Balanced Scorecard menyangkut empat perspektif yaitu : Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal dan Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan CV. Aulia Jati Indofurni sebanyak 89 karyawan selanjutnya diambil 47 sampel sebagai responden. Sedangkan untuk responden pelanggan ditetapkan sebanyak 35 pelanggan selanjutnya diambil 25 sampel sebagai responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan : 1) pengukuran berdasarkan perspektif keuangan secara umum mengalami peningkatan yang cukup baik akan tetapi hanya pada Margin Laba operasi belum sesuai dengan apa yang ditargetkan oleh perusahaan. 2) Pengukuran berdasarkan Perspektif pelanggan secara keseluruhan dapat dikatakan baik karena perusahaan mengalami peningkatan jumlah pelanggan tiap tahun, akan tetapi pada retensi pelanggan dikatakan buruk. 3) pengukuran berdasarkan perspektif proses bisnis internal dapat dikatakan cukup baik. 4) pengukuran berdasarkan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan bahwa produktivitas karyawan dan kepuasan karyawan dapat dikategorikan buruk.
id IOS3407.722
institution Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
institution_id 462
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNISNU Jepara
library_id 498
collection Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara Repository
repository_id 3407
subject_area Agama
Akuntansi
Arsitektur
city JEPARA
province JAWA TENGAH
repoId IOS3407
first_indexed 2017-02-25T18:48:40Z
last_indexed 2017-02-25T18:48:40Z
recordtype dc
_version_ 1764485489318952960
score 17.538404