ANALISIS BAURAN PEMASARAN ECERAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA ALOS SWALAYAN JEPARA)

Main Author: SETYONO, RIZAL ADE
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/670/1/Skripsi%20sampul.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/670/2/Skripsi%20%28Rizal%29.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/670/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang timbul dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor Keragaman Produk, Layanan Toko, Atmosfer Toko, Harga, Promosi dan Lokasi dalam menentukan tingkat kepuasan Alos swalayan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis faktor Keragaman Produk, Layanan Toko, Atmosfer Toko, Harga, Promosi dan Lokasi dalam menentukan tingkat kepuasan konsumen Alos Swalayan. Populasi yang diambil adalah konsumen Super Swalayan Semarang, dimana setiap orang yang melakukan aktivitas berbelanja pada Super Swalayan. Sampel yang diambil sebanyak 30 konsumen. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan uji hipotesis berupa uji asumsi klasik, uji f dan uji t. Hasil analisis dengan menggunakan regresi berganda menunjukkan bahwa semua faktor yang diukur mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Pada uji f, semua variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan pada uji t, hanya keragaman produk dan atmosfer toko yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa secara garis besar konsumen Super Swalayan semarang merasa puas dengan Alos Swalayan. Namun demikian ada faktor dimana konsumen tidak merasa puas. Oleh karena itu disarankan kepada pihak Alos Swalayan untuk memperbaiki dan meningkatkan dalam memenuhi kebutuhan konsumen agar konsumen merasa sangat puas. Sedangkan pada faktor dimana konsumen merasa puas, hendaknya Super Swalayan dapat mempertahankan prestasinya dan lebih ditingkatkan lagi.