ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP MINAT BERINVESTASI PADA BANK SYARIAH (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi UNISNU JEPARA)

Main Author: MALIKHATIN, ALIF
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/646/1/JUDUL%20SKRIPSI.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/646/2/skripsi.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/646/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Bank yang berbasis syariah melandaskan dasar bisnisnya pada kepercayaan terhadap nasabahnya, dimana nasabah tersebut akan menjadi tolok ukur dari kemajuan suatu bank tersebut. Permasalahan yang ada di Indonesia saat ini adalah hampir sebagian besar masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan sistem perbankan konvensional, meskipun mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam namun faktor tersebut tidak menjadikan suatu faktor kunci bagi bank syariah untuk berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi, belajar sikap, persepsi, nisbah dan perhitungan bisnis terhadap minat berinvestasi mahasiswa Akuntansi Unisnu Jepara di perbankan syariah. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa akuntansi Unisnu Jepara yang berjumlah 556 mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 85 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah metode purposive sampling yaitu dengan pertimbangan tertentu. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Berdasarkan uji validitas, kuesioner analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat berinvestasi pada bank syariah sebanyak 12 pertanyaan diuji dengan validitas menggunakan correlation product moment yang dikemukakan oleh Pearson, semua variabel menunjukkan hasil yang valid, karena r hitung lebih besar dari r tabel. Sedangkan uji reliabilitas menunjukkan hasil Cronbach’s Alpha lebih besar dari 0,60 dapat dikatakan reliabel. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda menunjukkan motivasi dengan koefisien regresi sebesar 0,273 dan nilai sig t 0,000 < 0,05, belajar koefisien regresi sebesar 0,078 dan nilai sig t 0,000 > 0,05, sikap koefisien regresi sebesar 0,036 dan nilai sig t 0,000 >0,05, persepsi koefisien regresi sebesar 0,333 dan nilai sig t 0,000 < 0,05, nisbah dan perhitungan bisnis koefisien regresi sebesar 0,342 dan nilai sig t 0,000 < 0,05