PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR AQIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS VIII A DI MTs MAFTAHULFALAH SINANGGUL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | NIKMAH, ULIN |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/608/1/131310000434%20Ulin%20Nikmah%20%28Blm%29.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/608/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- ULIN NIKMAH. (NIM: 131310000434). Penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Aqidah Akhlak pada Siswa Kelas VIII A di MTs Maftahul Falah Sinanggul Tahun Pelajaran 2014/2015 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aplikasi strategi pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan kemampuan belajar Aqidah Akhlak pada siswa kelas VIII A di MTs Maftahul Falah Sinanggul Tahun Pelajaran 2014/2015 dan mendeskripsikan kelebihan dan kelemahan strategi pembelajaran kooperatif Penelitian ini dilaksanakan sejak Februari sampai Mei 2015, dilakukan di MTs Maftahul Falah Sinanggul. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII A Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/ 2015, sebanyak 40 siswa terdiri dari 18 peserta didik laki-laki dan 22 peserta didik perempuan. Seorang sebagai pengajar (guru Aqidah Akhlak) dan seorang sebagai pengamat/observer (peneliti). Analisis data menggunakan analisis diskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil belajar kondisi awal (kegiatan 1), hasil belajar setelah kegiatan 2, hasil belajar setelah kegiatan 3 (post - tes). Kemudian dilanjutkan refleksi, menarik simpulan berdasarkan deskriptif komparatif, membuat ulasan berdasar simpulan, dan menentukan tindak lanjut. Data kualitatif hasil pengamatan menggunakan analisis diskriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi dan refleksi dari tiap-tiap kegiatan, dengan membandingkan proses pembelajaran kondisi awal (kegiatan 1) dengan kegiatan 2, membandingkan proses pembelajaran kegiatan 2 dengan kegiatan 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara mengenai penggunaan strategi pembelajaran kooperatif. Kondisi awal sebelum penggunaan strategi pembelajaran kooperatif dengan kondisi akhir sesudah penggunaan strategi pembelajaran kooperatif nilai rata-rata tes dari 65 menjadi 87 mengalami peningkatan sangat bagus sehingga bisa disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran kooperatif bisa meningkatkan kemampuan belajar Aqidah Akhlak pada siswa kelas VIII A di MTs Maftahul Falah Sinanggul Tahun Pelajaran 2014/2015 Kata kunci: Strategi Pembelajaran Kooperatif dan Kemampuan Belajar Aqidah Akhlak.